| SPARK PLUG | |
|
+13zulux ofik ray suhud adi.poerwanto dark_knight dj_oevan demonlord bangkit c43sy cumi_cumi Kalem AKasmy 17 posters |
|
Pengirim | Message |
---|
Tamu Tamu
| Subyek: SPARK PLUG 15/7/2008, 20:02 | |
| ngak ada yang ngebahas busi nich ? kemon para ninier |
|
| |
AKasmy Letnan Jendral
Number of posts : 991 Lokasi : Black N250R (JKT-SEL) Points : 17 Registration date : 20.05.08
| Subyek: Re: SPARK PLUG 16/7/2008, 09:35 | |
| Nice thread starter, basic dulu kali yah... dulu pernah browsing ke wiki dan situsnya ngk, keduanya ada info menarik tentang bagaimana membaca busi sehingga bisa kasih gambaran perihal kesehatan mesin... info yang cukup lama dan mungkin banyak yg udah tahu, tapi nggak ada salahnya utk di post bagi yang belum... kebetulan dulu pernah bikin contekan dan ada di kompi jadi gue upload utk forum... untuk info lebih lanjut brothers bisa baca di wikipedia atau ke situsnya NGK... kalau ada yang mau di-discuss atau info tambahan wes monggo dilengkapi threadnya bro estee... thx again bro | |
|
| |
Kalem Letnan Jendral
Number of posts : 1493 Age : 54 Lokasi : Jakarta Points : -18 Registration date : 30.06.08
| Subyek: Re: SPARK PLUG 16/7/2008, 12:31 | |
| bro Asmi jadi kalo kalo gak ada busi standar...prefer pake yang mana nih buat si Neneng hideung? | |
|
| |
AKasmy Letnan Jendral
Number of posts : 991 Lokasi : Black N250R (JKT-SEL) Points : 17 Registration date : 20.05.08
| Subyek: Re: SPARK PLUG 16/7/2008, 15:11 | |
| nice quention, coba jawab yaa... mohon koreksi kalau ada yang salah... 1. kalau memang ketersediaan busi standard nggak ada atau mau ganti aja utk N250R-nya (NGK CR8E), pake merek pabrikan lain juga bisa seperti denso, autolite, bosch, magnetti, dll... basically merek menurut preferensi bro aja, yang penting sebelum beli diperhatiin ukurannya sama... Product No. NGK Jadi Untuk CR8E: C (Thread Diameter): 10mm R (Construction/Tipe): Resistor 8: (Heat Range): 8 (skala 1-10) E (Thread Reach): 19mm Alternate Denso, Product No.: Jadi yang dicari utk alternate densonya: U24ESR-N Merek lain pasti juga ada product skuz-nya, jadi tinggal cari aja... 2. Yang diatas buat kondisi mesin standard loh, kalau mesinnya udah di tuning contoh: untuk meningkatkan HP, butuh busi yang heat rangenya lebih besar utk menyeimbangi peningkatan suhu di ruang pembakaran... jadi dalam beberapa kasus sebaiknya busi turut diupgrade, ini ada quote dari denso spark plugs: Contoh busi upgrade-an: - Denso: IRIDIUM POWER (IU24) - NGK: IX iridium (CR8HIX) Jadi mau aftermarket merek apapun bisa dipakai asal diperhatiin: ukuran dan kegunaannya (standard/tuning), mungkin yang lain ada masukan... Note: sumber, - Denso site - NGK site - Wiki - bike magazine (how-to) | |
|
| |
Kalem Letnan Jendral
Number of posts : 1493 Age : 54 Lokasi : Jakarta Points : -18 Registration date : 30.06.08
| Subyek: Re: SPARK PLUG 20/7/2008, 09:28 | |
| hmmm...nasi goreng komplit nih jawabannya. Thanks | |
|
| |
cumi_cumi Brigadir Jendral
Number of posts : 104 Points : 28 Registration date : 31.05.08
| Subyek: Re: SPARK PLUG 20/7/2008, 11:54 | |
| | |
|
| |
Tamu Tamu
| Subyek: Re: SPARK PLUG 26/7/2008, 11:15 | |
| info yang sangat lengkap, thanxs Bro semua, one for all |
|
| |
c43sy Letnan Jendral
Number of posts : 1366 Age : 38 Lokasi : Ngalam City Points : 1168 Registration date : 28.05.08
| Subyek: Re: SPARK PLUG 26/7/2008, 12:27 | |
| and all for one viva la ninja 250r hahahaha | |
|
| |
bangkit Brigadir Jendral
Number of posts : 104 Age : 48 Lokasi : Ciputat - Bintaro Points : 0 Registration date : 06.08.08
| Subyek: Re: SPARK PLUG 7/8/2008, 13:22 | |
| Sharing aja nih bro Gw dah pake Denso irridium IU24 ..mantap apinya..
regards,
BS | |
|
| |
demonlord Calon Jendral
Number of posts : 35 Points : 0 Registration date : 30.05.08
| Subyek: Re: SPARK PLUG 7/8/2008, 14:39 | |
| Bro kalo mesin standar2 aja tapi pengen pake busi yang hi performance contohnya apa ya,kalo yang merk splitfire ama nology tahu serinya nga buat ninja 250 r,gue masih sayang buat oprek mesin,pengen ganti businya ajah.PEACE | |
|
| |
dj_oevan Letnan Jendral
Number of posts : 744 Age : 42 Lokasi : Somewhere on east jakarta.. Points : 8 Registration date : 16.07.08
| Subyek: Re: SPARK PLUG 7/8/2008, 21:24 | |
| Klo busi gw suka pake denso iridium titanium yah klo gak salah. Tp klo buat N250R takutnya susah dinyalain lg kalo dingin..!? | |
|
| |
dark_knight Letnan Jendral
Number of posts : 1514 Age : 42 Lokasi : Bandung City Points : 325 Registration date : 24.07.08
| Subyek: Re: SPARK PLUG 11/8/2008, 03:49 | |
| awas salah-salah pilih busi piston bisa bolong | |
|
| |
adi.poerwanto Calon Jendral
Number of posts : 10 Age : 65 Lokasi : Desa Pematang Lumut , Kec Tanjung Jabung Barat , Jambi , Sumatra Points : -1 Registration date : 10.08.08
| Subyek: Re: SPARK PLUG 13/8/2008, 13:30 | |
| Menurut Original Spec Busi adalah NGK CR8E atau ND U24ESR-N ( setel gap di 0.7 - 0.8 mm ). | |
|
| |
suhud Letnan Jendral
Number of posts : 903 Age : 44 Lokasi : ROCK STAR CITY Banjarmasin Points : 18 Registration date : 29.06.08
| Subyek: Re: SPARK PLUG 15/8/2008, 19:07 | |
| Buat yg udah ganti Knalpot & pasang Dialjet/Dynojet harus ganti Busi gak? Kalo harus ganti busi type apa yg cocok & bagus? sebutin aja langsung Merk & Typenya.thanks | |
|
| |
ray Brigadir Jendral
Number of posts : 180 Age : 47 Lokasi : Jakarta Timur Points : 0 Registration date : 13.07.08
| Subyek: Re: SPARK PLUG 18/8/2008, 07:22 | |
| @Bro Akasmy Kalau ganti busi perlu ganti kabel businya nggak?, yang Bro Akasmy sarankan kabel busi merk apa?. | |
|
| |
ofik Letnan Jendral
Number of posts : 1454 Age : 36 Lokasi : banDung.. Points : 77 Registration date : 02.07.08
| Subyek: Re: SPARK PLUG 18/8/2008, 08:47 | |
| lagi lagi gak ngerti | |
|
| |
AKasmy Letnan Jendral
Number of posts : 991 Lokasi : Black N250R (JKT-SEL) Points : 17 Registration date : 20.05.08
| Subyek: Re: SPARK PLUG 19/8/2008, 02:44 | |
| - ray wrote:
- @Bro Akasmy
Kalau ganti busi perlu ganti kabel businya nggak?, yang Bro Akasmy sarankan kabel busi merk apa?. waduh... ini kayaknya moderator tech yang lebih ngerti... (help...) kalau menurut gue sih kalau gantinya dgn busi tipe sepadan dgn ori N250R nggak perlu diganti, tapi kalau diganti dgn busi upgrade-an misal iridium mungkin ada baiknya kabel turut diganti karena pabrikan busi pun menyarankannya, mungkin utk antisipasi beban listrik yang dibutuhkan lebih besar...? then again, gue juga nggak tahu pasti... mungkin bro prayogo bisa bantu atau bro2x yang lain ada masukan..? | |
|
| |
suhud Letnan Jendral
Number of posts : 903 Age : 44 Lokasi : ROCK STAR CITY Banjarmasin Points : 18 Registration date : 29.06.08
| Subyek: Re: SPARK PLUG 28/8/2008, 09:16 | |
| tambah bingung aja nih soal busi.....kabel & busi perlu diganti gak ya? kalo tetap pake standar memangnya kenapa? | |
|
| |
zulux Mayor Jendral
Number of posts : 418 Age : 34 Lokasi : Jakarta Points : 51 Registration date : 13.08.08
| Subyek: Re: SPARK PLUG 28/8/2008, 16:25 | |
| menurut saya ganti busi tidak perlu ganti kabelnya pake yang standardnya juga ok | |
|
| |
zulux Mayor Jendral
Number of posts : 418 Age : 34 Lokasi : Jakarta Points : 51 Registration date : 13.08.08
| Subyek: Re: SPARK PLUG 28/8/2008, 16:26 | |
| untuk lebih jelasnya perihal kenapa busi mati, apa penyebabnya dan apa solusinya silahkan lihat di lapak bursa barang baru (busi denso iridium type iu24 atau iu24A)
salam Zulux | |
|
| |
donald.bee Mayor Jendral
Number of posts : 467 Age : 45 Points : 357 Registration date : 15.08.08
| Subyek: Re: SPARK PLUG 30/10/2008, 23:25 | |
| Bro semuanya, kalo kita ganti busi iridium dan yang cangih2 di mesin yang masih standar, baru ganti knalpot doank, apa impactnya yah? temperatur tambah panas yah? | |
|
| |
dark_knight Letnan Jendral
Number of posts : 1514 Age : 42 Lokasi : Bandung City Points : 325 Registration date : 24.07.08
| Subyek: Re: SPARK PLUG 31/10/2008, 04:02 | |
| Sepertinya sih ga ya...cuma sekedar busi aja sih....mungkin lebih ribet kl ganti knalpot karena harus menyesuaikan supply bahan bakar | |
|
| |
prya Brigadir Jendral
Number of posts : 62 Age : 46 Points : 39 Registration date : 06.10.08
| Subyek: Re: SPARK PLUG 31/10/2008, 11:02 | |
| setau gw sih busi gak akan berpengaruh besar ama system mesin yg laen (kecuali pake busi pesawat ) , jd gak perlu ada perubahan ama perangkat laennya. tentunya dgn perubah laennya akan menjadi lebih baik (kl di aplikasikan dgn benar). kabel busi yg lebih bagus juga belom jaminan menghasilkan pengapian lebih bagus kl pemasangannya gak bener (eg. kabel kepanjangan dll). kl busi ama kenalpot kayaknya hubungannya kejauhan (walau ada dikit2) :p saran gw sih, kl ganti2 barang itu gantinya pelan2, misalnya busi dulu. kl udah nemu yg cocok baru coba ganti kabelnya. step berikutnya mungkin ganti koil/cdi. dgn cara ini mungkin lebih bisa di analisa bedanya dan kl ada kegagalan. | |
|
| |
Bl4ck_w4rri0r Mayor Jendral
Number of posts : 344 Age : 51 Points : -1 Registration date : 06.08.08
| Subyek: Re: SPARK PLUG 31/10/2008, 11:49 | |
| Busi Iridium kan tipe busi dingin ?. Artinya lebih cocok untuk tipe riding yg high rev terus. Kaya di sentul. Tapi kalo cuma buat harian, apa lagi sering stop n go sih menurut gue rugi yah ? yang ada cepet modar kaya nya tuh busi. Kecuali, set pengapian udah di ganti semua.
Lastly, CMIIW dah. Mungkin senior lebih tau. | |
|
| |
zulux Mayor Jendral
Number of posts : 418 Age : 34 Lokasi : Jakarta Points : 51 Registration date : 13.08.08
| Subyek: Re: SPARK PLUG 4/11/2008, 12:54 | |
| pak donald busi denso iridium tetap mengalami temperatur panas pak, walaupun dikatakan masuk kategori busi dingin, namun tetap saja panas busi denso itu hanya di pengapiannya saja yang terfokus pada satu titik (matanya saja kecil = 0.4mm) cara ngebersihinnya juga tidak boleh di sikat apalagi di ampelas cukup bersihin dgn mencelupkan di bensin
buat black warrior betul sobat iridium = busi dingin yang memerlukan kompresi tinggi tapi jangan salah sobat no.busi juga menentukan misal saya kasih contoh di busi motor 2Tak yaaa IW22 = buat harian bisa (kompresi tidak terlalu tinggi) krn sering ketemu macet IW24 = buat hari bisa asal settingan karbu pas / cocok dan buat touring juga ok IW27= buat nyentul, kagak cocok buat harian krn memerlukan kompresi tinggi IW29 = IW27 tapi lebih dingin lagi jadi makin tinggi no busi maka makin dingin | |
|
| |
Sponsored content
| Subyek: Re: SPARK PLUG | |
| |
|
| |
| SPARK PLUG | |
|