seruntulan Calon Jendral
Number of posts : 11 Age : 43 Lokasi : Jak - Sel Points : 13 Registration date : 07.05.11
| Subyek: Re: BREAKING IN BIKES 13/8/2011, 11:02 | |
| - Red Barracuda wrote:
- mudah2an ngejawab:
gini bro gw dah beli ninin 3 kali, ini ninin gw yang ketiga.dan sekarang lagi break in.
pengalaman pake ninin gw pertama: break in ngikutin manual book plek plek, baru geber after 1600km sesuai manual, walhasil ninin gw agak lemot dibandingin yang kedua.
pengalaman pake ninin kedua: 0-100km pertama, gw stay maksimal di rpm 6 gw ganti gigi (urut gas) 100-500km di rpm 9 gw ganti gigi (sistem urut gas, jangan di hentak langsung rpm tinggi) 500km (abis servis pertama, ganti oli Motul 5100 and oli filter) langsung geber abis2an. walhasil ninin gw jauh lebih enak dibandingin ninin gw pertama, top speed dapet standar ting ting cuman ganti bt92 160-165, and jauh lebih gampang dapetin top speednya dibandingin ninin pertama yang top speed di 155-160 (standar cuma ganti bt92)
Pengalaman pake ninin ke tiga: gw terapin sama persis kaya ninin ke dua
kesimpulan: 1. Manual book terlalu ekstrem (kanan) menurut gw, main safe banget. dan gw cobain sendiri and bandingin sama cara gw break in ninin ke 2 jauh beda. 2. Hard Break in kaya rekomendasi moto tune juga menurut gw ekstrem (kiri). logika aja, klo ente belah motor yang baru keluar pabrik, itu mesin bersihnya gila2an, belum ada oli yang jadi film buat ngelindungin part mesin. ketika di geber abis, gesekannya pasti lebih besar dibanding mesin yang sudah ada lapisan filmnya hasil dari pelumasan oli. sehingga kemungkinan piston dkk baret lebih mungkin dan ini dampaknya jangka panjang, gak dirasain sekarang, tapi umur partnya bisa jadi lebih pendek. 3. karena gw anak orde baru, gw ambil wilayah abu2, main tengah aja , sekarang ninin gw dah 200km, dan gw dah ajak lari sampe 140an dengan cara ngurut gas.
Masalah ganti oli di 50km mungkin maksud ente di 500km kali ya bro? ninin ganti oli pertama di 500km, free dapet oli and oli filter, kenapa langsung ganti oli filter? standarnya oli filter di ganti dengan perbandingan 1:3, setiap ganti oli ketiga dan kelipatannya oli filter sebaiknya di ganti (klo gw ganti oli tiap 2500km, berarti tiap 7500km gw ganti oli filter). di awal dapet 500 karena, berkaitan dengan break in tadi, oli pertama dari pabrik sampe 500km pasti lebih banyak ampasnya dibanding setelahnya, karena akan banyak material mesin yang kegesek untuk pertama kalinya, sehingga hasil gesekannya kebawa di oli mesin, makanya filter harus di ganti di 500km awal, karena banyak ampas yang kebawa. dan kawasaki pasti notice sama hal ini makanya dikasih free.
gitu bro, semoga ngebantu
Setuju......, ane juga maen tengah kaya mas bro....., tapi lebih ke no 2 kali yah, gas pol dan hajar engine break, padahal KM baru 600an, alhasil suara mesin jadi "rame", tapi ga malu-maluin lah kalo nongkrong ama Aprila bos ane, suaranya agak - agak mirip.... (maksudnya sama-sama "rame"), hehehehe, tapi ya sutra lah dinikmatin aja......... | |
|