Just my 2 cents,
Cuma mau share buat kemaslahatan kita bersama bro-bro,
Seringkali kita pada saat memilih ban bingung buat nentuin merk, seri, dan ukuran
Awalnya kejadian di temen gw pas abis jatoh dari motor karena bannya slip (dia pake BT003rs)
dia langsung judge itu ban jelek banget, licin, cepet abis, cuma mahal doang, dll
padahal kalau kita lihat lebih jauh kesalahannya adalah pada saat kita memilih ban
pabrikan sudah buat kategori buat peruntukkan tiap2 ban (street usage, street race, race, dll), tapi kebanyakan konsumennya yang salah pake, ban buat race dipake buat di aspal jalanan jakarta buatan departemen PU, atau ban buat kering dipake pas ujan2an dan sebagainya.
Ban racing memang lebih mahal and lebih keren keliatannya, tapi memang diperuntukkan untuk race, sehingga treatmentnya pun harus treatment race, ban harus panas sebelum sampe ke puncak performanya, perbandingan lebar ban dan velg harus presisi, tekanan ban, bobot motor dan rider, kondisi track kering dan basah harus disesuaikan dengan peruntukan, dll
tentunya dengan treatment seperti ini agak sulit untuk diaplikasiin ke motor harian, akhirnya yang terjadi malah banyak kejadian motor slip, kepeleset, motor goyang pas lagi belok, ngebuang atau gejala gak enak lainnya (amit2 jangan sampe jatoh).
Sebenarnya kalu kita lihat motor kesayangan kita ini (Ninja 250) masuk ke dalam kategori sport touring lho masbro, bukan motor sport asli, apalagi hypersport. nah produsen ban juga membuat kategori ban untuk peruntukan tiap2 kategori motor.oleh karena itu ban yang paling tepat untuk motor kita (harian) adalah ban2 yang juga dikategorikan sport touring (kalau buat race di sentul or dimana mau gak mau harus pake ban race lah ya)
Kategori sport touring di produsen ban adalah ban yang diciptain buat segala kondisi dan compound yang medium ke soft. dengan teknologi battlax, michelin, or dunlop biasanya mereka udah pake dual compound, tengahnya medium, pinggir2nya medium-soft untuk ban belakang dan tengahnya medium-soft dan pinggir2nya soft untuk ban depan. kembangnya juga disesuaikan dengan track kering dan basah (all weather) sehingga ban inilah yang paling baik buat temen2 yang make ninjanya harian dan bukan buat race di sentul.
Silahkan liat kategori ban di bawah
Bisa diliat bahwa ban bt090 and 003 ada di kategori ban yang udah race (bahkan bt090 dah dikategoriin pure race sama bridgestone) ban ini memang ok banget, lengket, ringan, cepet abis (sebagai bukti gripnya ok), tapi ya itu kembali lagi keperuntukannya, bukan buat aspal jalanan biasa. untuk harian ya sport touring jawabannya
Di Bridgestone ada ban bt92, bt016 buat sport touring
Di Michelin ada Pilot Road 2 and Pilot Road 3
Di Dunlop ada Sportmax Roadsmart
Ok itu dari segi kategori ban,
satu lagi yang gak kalah penting adalah ukuran ban dan velg.
Banyak orang yang bilang, ban ori ninja 250 kekecilan ya, masa' cuma 130
akhirnya banyak yang ganti ban dan pake ukuran 150 bahkan temen gw ada yang pake 170 di velg ori-nya.
banyak kita gak sadar sebenernya ban 130 itu adlah ban yang paling pas secara ukuran buat velg ori blakang kita yang 3,5"
ban dengan lebar 150 - 160 harusnya membalut velg dengan ukuran 4 - 5", paling pas di 4,5" (Cbr 250 pake ban 140 karena velg orinya 4")
makanya yang paling pas untuk ban 150-160 adalah ganti velg dengan ukuran 4 sampai 5" paling pas ganti 4,5"
untuk depan dengan velg ori ninja yang 2,75" disarankan tetep pake ban 110
ban 120 untuk depan seharusnya ada di velg 3,5" seperti yang dipake ban and velg orinya ZX6
Menurut gw ketika kita memodifikasi apapun yang harus diperhatikan adalah keselamatan yang paling utama, kecuali klo motor cuma buat kontes ya gpp radikal and gak perlu itungan selamet, tapi klo buat di jalan please be wise, apalagi urusan ban dan velg yang nyambungin antara rider, motor and aspal, pastinya sangat vital. jangan cuma memikirkan keren atau nggaknya, tapi pikirkan kualitas bahannya, jangan sampe dah keluar uang tapi yang ada malah menurunkan kualitas barang yang sudah kita dapet dari ori bawaan ninja kita yang nantinya berdampak mengurangi faktor keselamatan.
Gw nulis ini buat sharing aja, karena banyak temen gw yang gw liat sendiri jatohnya and denger dari temen justru karena hasil modifikasi yang kurang perhitungin faktor keselamatan. Kepleset karena ban licin, velg yang patah ngehantem lobang yang sebenernya gak serem2 banget, dll.
Ujung2nya adalah memaksimalkan kesenengan kita pake barang kesayangan, biar makin cinta, makin enak dibawanya, and yang paling penting menjaga keselamatan kita sendiri dan orang lain klo di jalan. mengutip pesen dari pak polisi keluarga anda menanti anda di rumah.
have a nice roll and modif bro2
sumber:
http://www.bridgestone.com/products/motorcycle_tires/products/category/index.html
http://www.dunlopmotorcycle.com/tirecatalog_category.asp?id=1
http://www.michelinmotorcycle.com/index.cfm?event=tirecatalog.view