Bro Taufik di blognya pernah menjabarkan cara menurunkan Ninja yakni "
dengan mengubah posisi link dari Monosok" (untuk artikel lengkapnya bisa klik
Disini)... Ada alternatif lainnya, untuk yang tertantang secara mekanis bisa mencoba dengan sedikit memodifikasi jok dengan cara "memangkas" jok standard N250-nya... Itung2x sekalian merubah bentuk jok yang membuat kita lebih nyaman...
Sebelumnya perlu diingatkan bahwa
kegagalan akan merusak jok standar... jadi jangan dilakukan kalau tidak ingin menanggung resikonya... Okeh, bagi yang ingin mencobanya ada beberapa alat yang diperlukan...
- Obeng pipih
- Staple gun
- Amplas (dengan tingkat kekasaran 100)
- Gergaji besi (dianjurkan karena matanya akan lebih halus memotong busa, juga karena fleksibilitasnya akan memudahkan memotong bentuk2x yang sulit)
Stepnya:
1. Lepas jok asli dari Ninja dan mulailah untuk mencongkel staples yang mengikat kulit dengan obeng.
2. Lepas kulit asli dari belakang dan hati2x pada bagian2x yang dilem (tariklah pelan2x)
3. Tentukan seberapa banyak busa yang mau dibuang, lihat juga ketebalan asli busanya... jangan sampai membuang terlalu banyak sehingga jadinya terlalu tipis...
4. Tandai bentuk yang diingiinkan sebagai referensi untuk memotong, usahakan simestris antara sebelah kiri dan kanan...
5. Mulailah memotong, jangan memotong pas garis yang telah dibuat... usahakan sedikit di atas garis... gergajilah perlahan mengikuti bentuk dan lihatlah garis referensi disebelah kiri maupun kanan... jangan buru2x dan jangan lupa berdoa...
6. Selesai memotong usahakan untuk lebih membulatkan sudut2x sepanjang garis potong...(dibuat rounded tip)
7. Amplaslah sampai bekas gergajian tidak tampak...
8. Tarik/renggangkan kembali kulit untuk pemasangan dan stepleslah kembali (menggunakan staple gun)... duduk dan nikmati hasil kerjanya...
Ada alternatif lain juga yang bisa dicoba... hanya satu langkah... yaitu minta tolong tukang jok untuk melakukannya...hihihi
Note:
- Sekedar mengingatkan...
Lakukanlah bila anda benar2x yakin dan tau resiko2x-nya- Sumber: Motorcycle magazine