Bro, mau share aja soal re-jetting setelah ganti knalpot. Soalny ane dah beberapa kali ganti knalpot.
Intinya adalah jetting dilakukan untuk memenuhi maunya mesin. Jika sudah ganti knalpot tapi mesin masih mencukupi, ya ga usah ganti pj & mj lagi. Ada beberapa knalpot yg butuh jetting kalo diganti komponen laennya. Tapi malah ada yg mau settingnya standard aja sesuai hasil research pabrik saat mendesign knalpotnya. Semuanya all fine.
Caranya adalah minta si mekanik untuk cek warna busi di dua silinder tiap kali melakukan penggantian dan penyetelan. Jika warna busi nya sesuai dgn ketentuan dari putaran rendah, menengah & atas, artinya settingan itu yg cocok. Masalahnya, mekanik juga segan untuk melakukan checking ini karna memang agak ribet & melelahkan. Terlebih jika pj & mj nya belum cocok... Duhhh mesti bongkar karbu lagi
Setingan cocok bukan cuman dari suara mesin, nembak atau enggak, etc. Ane pernah coba pasang pj 40 karna ganti knalpot sesuai saran bbrp bengkel. Hasilnya, busi nya malah hitam. artinya campuran bensin-udaranya jadi terlalu rich. waktu ane turunin ke std malah balik ke warna busi yg seharusnya.
nah, kalo dah begini bisa bikin pusing kepala hehehehe....
pasalnya nyetel karbu ninja 250 itu ga seperti motor 1 silinder. Kalo ane selalu servis, setel & sinkronisasi karbu sendiri jadi lebih paham & tau bedanya.
Untuk makin ngerti, khususnya yg sudah punya factory pro atau dyno jet, suka ada petunjuknya. Coba dipahami, dipraktekin, baru ngerti deh...
Makin banyak part yang diganti, misalnya ganti air filter type replacement, individual juga akan mempengaruhi setinggan. Jadi kalo mau ganti ini-itu one by one aja, jgn sekaligus jadi ga tau bedanya apa lagi. Siapa tau performance naek bukan karna ganti part yg 1 tapi malah yg laen? Jadi mubasir deh dah beli itu barang hehehe
Jd jika ada bro2x yg sudah banyak ganti parts racing, coba liat businya warna apa, jika tepat artinya setinggannya tokcer & patut jadi referensi tapi kalo malah berkerak hitam, itu artinya kebasahan tapi mesin masih bisa mentolerir untuk ga brebet. Tapi ruang bakar juga bisa cepet kotor karna ada sisa gas bensin yg belum kebakar & jadi kerak, kalo sudah tebel n mengeras, bisa bikin lecet silinder.
Ocree?