| ADA YG ANEH DG ANJURAN PEMAKAIAN AWAL | |
|
+25Bimorj redB6924VBJ thedjani seika wahwahyuyu Innori semut bako kanisake teje45 zaloefirst Pandapotan yons H and I gofuramancik kirana cecEp_gorbacEv Musashi85 suhud abdi victorlego Aap dark_knight qnzee Jimmy B gohan_solo 29 posters |
|
Pengirim | Message |
---|
Innori Calon Jendral
Number of posts : 31 Age : 40 Points : 33 Registration date : 05.05.10
| Subyek: Re: ADA YG ANEH DG ANJURAN PEMAKAIAN AWAL 9/5/2010, 22:31 | |
| | |
|
| |
seika Letnan Jendral
Number of posts : 2451 Age : 48 Lokasi : Malang - Jawa Timur Points : 2506 Registration date : 23.01.09
| |
| |
thedjani Brigadir Jendral
Number of posts : 56 Age : 39 Lokasi : dago asri bandung Points : 58 Registration date : 06.04.10
| Subyek: Re: ADA YG ANEH DG ANJURAN PEMAKAIAN AWAL 12/5/2010, 23:57 | |
| owh bner bgt bro... tapi ane mw nanya ni..kl pemakaian ninja baru 13 harian udh 350km gtu..normal gak y..sebaik na gmn ni..trims.. | |
|
| |
Innori Calon Jendral
Number of posts : 31 Age : 40 Points : 33 Registration date : 05.05.10
| Subyek: Re: ADA YG ANEH DG ANJURAN PEMAKAIAN AWAL 18/5/2010, 20:12 | |
| | |
|
| |
Innori Calon Jendral
Number of posts : 31 Age : 40 Points : 33 Registration date : 05.05.10
| Subyek: Re: ADA YG ANEH DG ANJURAN PEMAKAIAN AWAL 18/5/2010, 20:15 | |
| Ini ane copas dari blognya mas Ilham bro tentang inreyen (sekarang blognya dah nggak aktif tp doi dulu blogger motor nomor satu)
Inreyen Motor Baru, Geber Aja Lagi!!!
Inreyen atau break-in motor baru saat ini masih saja menjadi isu penting. Wajar saja sebab terkait dengan masa depan mesin, baik kecepatan maupun kekuatannya. Lantas bagaimana mestinya proses ini dilakukan?
Kebanyakan orang berasumsi bahwa perlakuan terhadap motor baru harus ekstra hati-hati. Terutama agar mesin baru yang dipakai nantinya akan benar-benar berperforma optimal dan berdaya tahan lama. Tidak heran jika mereka berusaha membawa motor secara pelan-pelan.
Pandangan demikian tidak sepenuhnya salah. Namun juga tidak bisa dibenarkan begitu saja. Untuk motor yang baru saja oversize atau bore up, memang dianjurkan cara demikian. Maklum saja proses yang dilakukan bengkel belum sepresisi buatan pabrik sehingga belum tentu “bersih” betul. Nah bagaimana dengan motor baru?
Motor baru saat ini tidak lagi seperti motor pada zaman dahulu. Teknologi yang dikembangkan dalam divisi produksi dan yang dirakit di jalur asembli membuat mesin kini jauh lebih presisi dibanding pada motor era sebelumnya. Teknologi pembuatan silinder sudah demikian bagusnya. Dari sisi metalurgi pun kini lebih bagus. Apalagi untuk mesin-mesin berperforma tinggi. Penggunaan silinder DiAsil atau lapisan penguat lainnya sudah menjamin kualitas bahkan sebelum motor keluar dari pabrik.
Di samping itu pengujian sebelum barang dilempar ke pasar sudah lebih lama. Mulai dari dyno test hingga test ride di trek pengujian pabrik. Singkatnya, sudah ada perbaikan pada prosedur teknis produksi sebelum sampai ke tangan konsumen. Hampir-hampir konsumen terima beres saja. Tinggal bayar cash, lalu tancap gas!!!
Perubahan ini menuntut pula perubahan prilaku dalam mem-break-in sebuah motor. Pada masa-masa inreyen ini, motor baru memang tetap saja tidak boleh diberi beban berat. Misalkan saja, anda tidak boleh berboncengan dulu. Jangan pula bawa barang berat apalagi jika memang tidak perlu. Tapi urusan bawa motor, silahkan geber. Rem lalu geber lagi. Akselerasi-deselerasi-akselerasi. Demikian seterusnya.
Kebiasaan lama untuk mempertahankan motor pada kecepatan konstan sekian lama tidak diperlukan lagi. Tidak perlu memainkan gigi satu di putaran 20-30 km per jam, gigi 2 di 30-40, lalu gigi 3 di 40-50. Tidak perlu pula step-step dan jaga kecepatan semacam itu. Malah membahayakan kesehatan mesin karena bisa memicu over heating dan merontokkan mesin. Para tuner masa kini malah menyarankan langsung geber. Gunakan kecepatan untuk memaksimalkan proses pembersihan mesin dari serbuk metal sebelumnya. Lagi pula jangan khawatir, kali ini serbuknya jauh lebih halus.
Di samping itu jangan ragu untuk menggunakan engine brake. Engine brake adalah proses di mana pengendara menutup gas dengan cepat sehingga mesin ikut membantu deselerasi. Ini akan membantu proses “belah” duren alias melicinkan proses inreyen. Jadi bertentangan dengan sikap sejumlah biker yang menghindari engine brake karena takut mesin rusak, di sini malah dianjurkan.
Para tuner di mototuneusa.com memberi petunjuk teknis lebih jauh tentang break-in. Break-in bisa dilakukan bukan hanya di jalan. Bisa juga dilakukan di atas mesin dyno dengan teknik-tekniknya sendiri. Dengan kecepatan mesin tertentu dan permainan gas pada step-step tertentu. Begitu pula di sirkuit. Pembalap biasa menggeber, mengerem, dan meliuk lalu geber lagi. Tak ada masalah di sana dan sejauh ini motor-motor mereka jauh lebih handal…
Namun demikian, anda perlu dibekali sedikit catatan sebelum geber.
Pertama, hati-hati dan jangan asal geber. Siapkan diri anda untuk jalan di antara lalu lintas sekitar. Pilih saja jalan yang anda hafal dan lebih sepi. Jika anda baru saja mampu mengendarai motor, sebaiknya inreyen diserahkan ke kerabat yang lebih mahir. Ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, seperti menabrak orang, terjatuh, atau motor rusak karena salah geber.
Kedua, setiap hendak melakukan break-in, jangan lupa memanaskan mesin secukupnya. Tanpa pemanasan yang cukup break-in tidak akan maksimal dan membahayakan mesin. Dengan melakukan break-in yang benar, kekurangan pada sisi manufacturing barang dan perakitan akan terungkap. Cacat produk tidak akan tersembunyi. Karena cacat produksi bagaikan kanker. Semakin disembunyikan semakin membahayakan. Anda tidak ingin memelihara penyakit bukan?
So, jangan ragu lagi. Cari model, sediakan uang, dan bersenang-senanglah!!![u] | |
|
| |
redB6924VBJ Brigadir Jendral
Number of posts : 123 Age : 34 Lokasi : Dahlia III St. Avenue Points : 131 Registration date : 27.05.10
| Subyek: Re: ADA YG ANEH DG ANJURAN PEMAKAIAN AWAL 28/5/2010, 02:56 | |
| yah tau gini gw geber2 aja motor dari awal, saking sayangnya ma motor gw ikutin anjuran buku manual banget dah :hammer: klo gw awal2 sampe service pertama RPM gw tahan2, pas udah service di km 600++ baru gw geber2 biar ga manjain mesin, alhasil gw udh 1000KM ditarik jadi ga berat walaupun standar abis | |
|
| |
Bimorj Letnan Jendral
Number of posts : 890 Age : 31 Lokasi : BSD,SERPONG,TANGERANG Points : 983 Registration date : 26.06.10
| Subyek: Re: ADA YG ANEH DG ANJURAN PEMAKAIAN AWAL 28/6/2010, 21:53 | |
| wah kalo gw KHILAF, Ibaratnya kucing garong liat ikan langsung menggeong! ,karena pas ninin baru dteng ke rumah dan diturunin dari mbil pick-up ,langsung gw geber di jalan mpe 110an km/h. Setelah selesai tes driveny bru ''disadarkan''biar tobat ma manual book,langsung kasian ma tu motor.untungny gpp tuh mesin.ckck. | |
|
| |
F1ZGRAND Brigadir Jendral
Number of posts : 94 Age : 39 Points : 106 Registration date : 11.05.10
| Subyek: Re: ADA YG ANEH DG ANJURAN PEMAKAIAN AWAL 28/6/2010, 22:55 | |
| | |
|
| |
Bimorj Letnan Jendral
Number of posts : 890 Age : 31 Lokasi : BSD,SERPONG,TANGERANG Points : 983 Registration date : 26.06.10
| Subyek: Re: ADA YG ANEH DG ANJURAN PEMAKAIAN AWAL 29/6/2010, 11:19 | |
| ya bung fizgrand,soalny naik motorsport sekelasny ,atau yg skrang kta pkai ninja,jalan 100 km/h ga terasa,haha | |
|
| |
nikonoresha Brigadir Jendral
Number of posts : 62 Age : 33 Points : 60 Registration date : 30.07.10
| Subyek: Re: ADA YG ANEH DG ANJURAN PEMAKAIAN AWAL 23/9/2010, 14:07 | |
| - Musashi85 wrote:
- @Bro Gohan_solo
Di halaman 35 juga ada hal yang aneh, yaitu: 1. perpindahan gigi dari 1 ke 2 pada kecepatan 20 km/jam 2. perpindahan gigi dari 2 ke 3 pada kecepatan 25 km/jam 3. perpindahan gigi dari 3 ke 4 pada kecepatan 30 km/jam 4. perpindahan gigi dari 4 ke 5 pada kecepatan 35 km/jam 5. perpindahan gigi dari 5 ke 6 pada kecepatan 40 km/jam. Coba deh dijumlahin.. pasti seru..
1. perpindahan gigi dari 1 ke 2 pada kecepatan 20 km/jam 2. perpindahan gigi dari 2 ke 3 pada kecepatan 25 km/jam +20 = 45 3. perpindahan gigi dari 3 ke 4 pada kecepatan 30 km/jam +45 = 75 4. perpindahan gigi dari 4 ke 5 pada kecepatan 35 km/jam +75 = 110 5. perpindahan gigi dari 5 ke 6 pada kecepatan 40 km/jam +110 = 150 km/jam
Jiakakakaaa. Keren kan..... hahahaha ini yang bener | |
|
| |
raindyaditya Calon Jendral
Number of posts : 45 Age : 30 Lokasi : blitar jawatimur Points : 51 Registration date : 20.02.11
| Subyek: Re: ADA YG ANEH DG ANJURAN PEMAKAIAN AWAL 20/2/2011, 12:45 | |
| iya gan .. ane juga kaget liatnya .. tp ane tetep ngacir aja pke ninin ane | |
|
| |
vin-cent Mayor Jendral
Number of posts : 443 Age : 31 Points : 507 Registration date : 07.09.10
| Subyek: Re: ADA YG ANEH DG ANJURAN PEMAKAIAN AWAL 20/2/2011, 13:23 | |
| kalo gw c gk peduli, klo lagi modd ngebut ya tancap gas, klo lagi mw santai ya pelan2 aj.. hehe | |
|
| |
Sponsored content
| Subyek: Re: ADA YG ANEH DG ANJURAN PEMAKAIAN AWAL | |
| |
|
| |
| ADA YG ANEH DG ANJURAN PEMAKAIAN AWAL | |
|