Forum Ninja 250R Community
 
IndeksPORTALPendaftaranLogin

Share | 
 

 Tips Apabila Kena tilang

Go down 
Pilih halaman : 1, 2  Next
PengirimMessage
hime

avatar

Male Number of posts : 3
Age : 33
Lokasi : Pekanbaru
Points : 7
Registration date : 13.01.11

PostSubyek: Tips Apabila Kena tilang   2/2/2011, 09:57

Dengan sudah diberlakukannya undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan jalan No.22 Tahun 2009, maka kita juga harus update dan mengerti mengenai Undang-Undang tsb, apalagi sehari-hari kita selalu mengendarai kendaraan kesayangan kita.

Sayang banget kalo pake motor bagus-bagus, tapi kena tilang sama bapak Polisi, gara-gara kita ngga tau ketentuan2 yg baru.

Tips dari kami supaya ngga kena tilang :

1. Gunakan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (plat Nomor )sesuai dengan yang dikeluarkan oleh Kepolisian (pasal 280 uu no 22 tahun 2009)

2. Jangan melakukan kegiatan yang dapat mengganggu konsentrasi saat mengendarai, seperti menggunakan handphone, merokok, dll. (Apalagi sambil baca koran...hehehe...)(pasal 283 uu no uu no 22 tahun 2009)

3. Untuk roda dua lengkapi dengan peralatan teknis dan layak jalan seperti kaca spion ,klakson ,lampu utama ,lampu rem ,lampu penunjuk jalan ,lampu penunjuk arah ,speedo meter ,knalpot (pasal 285 uu no 22 tahun 2009)

4. Bawalah SIM dan STNK yang masih berlaku sesuai dengan jenis kendaraannya (pasal 281 dan 288 uu no 22 tahun 2009)

5. Tetap jaga keselamatan diri, kalau tidak membawa kelengkapan supaya tidak kabur / berusaha membahayakan nyawa sendiri dan nyawa petugas

Apabila lagi sial atau terpaksa kena tilang, ada info nih.....

SLIP TILANG MERAH, berarti kita menyangkal kalau melanggar aturan, dan mau membela diri secara hukum (ikut sidang) di pengadilan setempat.

SLIP TILANG BIRU, berarti kita mengakui kesalahan kita dan bersedia membayar denda.
Kita tinggal transfer dana via ATM ke nomer rekening bank BRI atau menitip kepada petugas sesuai dengan denda tilangnya.

Bila dalam pelaksanaan tilang ada anggota nakal berusaha memeras dengan melakukan pungutan liar bisa melaporkannya kepada perwira yang memimpin operasi tersebut atau sesuai mekanisme yang ada di kepolisian seperti melaporkan kepada Bid/Seksi Propam (Tingkat Polda / Polres) dan Unit Provos (Tingkat Polsek) dengan melihat papan nama dari petugas yang berusaha memeras pengendara tidak sesuai ketentuan sehingga petugas tersebut bisa dikenakan hukuman disiplin.

Mudah-mudahan beberapa tips diatas bisa membuat kita tidak terkena tilang sesuai dengan aturan yang ada.
Semoga bermanfaat .
Kembali Ke Atas Go down
http://hime1985@yahoo.com
siKonde
Brigadir Jendral
Brigadir Jendral
avatar

Male Number of posts : 86
Age : 40
Points : 97
Registration date : 27.12.10

PostSubyek: sekedar tambahan mungkin berguna...   8/2/2011, 16:25

UU No 22 THN 2009 Tentang Lalu Lintas & Angkutan Jalan


1. Setiap Orang
Mengakibatkan gangguan pada : fungsi rambu lalu lintas, Marka Jalan, Alat pemberi
isyarat lalu lintas fasilitas pejalan kaki, dan alat pengaman pengguna jalan.
Pasal 275 ayat (1) jo pasal 28 ayat (2)
Denda : Rp 250.000

2. Setiap Pengguna Jalan
Tidak mematui perintah yang diberikan petugas Polri sebagaimana dimaksud dalam
pasal 104 ayat ( 3 ), yaitu dalam keadaan tertentu untuk ketertiban dan kelancaran
lalu lintas wajib untuk : Berhenti, jalan terus, mempercepat, memperlambat, dan /
atau mengalihkan arus kendaraan.
Pasal 282 jo Pasal 104 ayat (3)
Denda : Rp 250.000


3. SETIAP PENGEMUDI ( PENGEMUDI SEMUA JENIS RANMOR ).
a. Tidak bawa SIM
Tidak dapat menunjukkan Surat Ijin Mengemudi yang Sah
Pasal 288 ayat (2) jo Pasal 106 ayat (5) hrf b.
Denda : Rp 250.000

b. Tidak memiliki SIM
Mengemudikan kendaraan bermotor di jalan,tidak memiliki Surat Izin Mengemudi
Pasal 281 jo Pasal 77 ayat (1)
Denda : Rp 1.000.000

c. STNK / STCK tidak Sah
Kendaraan Bermotor tidak dilengkapi dengan STNK atau STCK yang ditetapka oleh
Polri.
Psl 288 ayat (1) jo Psl 106 ayat (5) huruf a.
Denda : Rp 500.000

d. TNKB tidak Sah
Kendaraan Bermotor tidak dipasangi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor yang
ditetapkan oleh Polri.
Pasal 280 jo pasal 68 ayat (1)
Denda : Rp 500.000

e. Perlengkapan yg dpt membahayakan keselamatan.
Kendaraan bermotor dijalan dipasangi perlengkapan yang dapat menganggu
keselamatan berlalu lintas antara lain ; Bumper tanduk dan lampu menyilaukan.
Pasal 279 jo Pasal 58
Denda : Rp 500.000

f. Sabuk Keselamatan
Tidak mengenakan Sabuk Keselamatan
Psl 289 jo Psl 106 Ayat (6)
Denda : Rp 250.000

g. lampu utama malam hari
Tanpa menyalakan lampu utama pada malam hari dan kondisi tertentu.
Pasal 293 ayat (1)jo pasal 107 ayat (1)
Denda : rp 250.000
h. Cara penggandengan dan penempelan dgn kendaraan lain
Melanggar aturan tata cara penggandengan dan penempelan dengan kendaraan lain
Pasal 287 ayat (6) jo pasal 106 (4) hrf h
Denda : Rp 250.000

i. Ranmor Tanpa Rumah-rumah
Selain Spd Motor Mengemudikan Kendaraan yang tidak dilengkapi dengan rumah
rumah, tidak mengenakan sabuk keselamatan dan tidak mengenakan Helm.
Pasal 290 jo Pasal 106 (7).
Denda : Rp 250.000

j. Gerakan lalu lintas
Melanggar aturan gerakan lalu litas atau tata cara berhenti dan parkir
Pasal 287 ayat (3) jo Pasal 106 ayat (4) e
Denda : Rp 250.000

k. Kecepatan Maksimum dan minimum
Melanggar aturan Batas Kecepatan paling Tinggi atau Paling Rendah
Psl 287 ayat(5) jo Psl 106 ayat (4) hrf (g) atau psl 115 hrf (a)
Denda : Rp 500.000

l. Membelok atau berbalik arah
Tidak memberikan isyarat dengan lampu penunjuk arah atau isyarat tangan saat akan
membelok atau berbalik arah. Pasal 294 jo pasal 112 (1).
Denda : Rp 250.000

m. Berpindah lajur atau bergerak ke samping
Tidak memberikan isyarat saat akan berpindah lajur atau bergerak kesamping.
Pasal 295 jo pasal 112 ayat (2)
Denda : Rp 250.000

n. Melanggar Rambu atau
Marka Melanggar aturan Perintah atau larangan yang dinyatakan dengan Rambu lalu
lintas atau Marka
Psl 287 ayat(1) jo psl 106(4) hrf (a) dan Psl 106 ayat(4) hrf (b)
Denda : Rp 500.000


o.Melanggar Apill ( TL )
Melanggar aturan Perintah atau larangan yang dinyatakan dgn alat pemberi isyarat
Lalu Lintas. Psl 287 ayat (2) jo psl 106(4) hrf (c)
Denda : Rp 500.000

p.Mengemudi tidak Wajar
- Melakukan kegiatan lain saat mengemudi
-Dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam
mengemudi di jalan
Pasal 283 jo pasal 106 (1).
Denda : Rp 750.000





q.Diperlintasan Kereta Api
Mengemudikan Kendaran bermotor pada perlintasan antara Kereta Api dan Jalan, tidak
berhenti ketika sinyal sudah berbunyi, Palang Pintu Kereta Api sudah mulai ditutup,
dan / atau ada isyarat lain.
Pasal 296 jo pasal 114 hrf (a)
Denda : Rp 750.000

r. Berhenti dalam Keadaan darurat.
Tidak Memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan Bahaya atau isyarat lain
pada saat berhenti atau parkir dalam keadaan darurat dijalan.
Pasal 298 jo psl 121 ayat (1)
Denda : Rp 500.000

s. Hak utama Kendaraan tertentu
Tidak memberi Prioritas jalan bagi kend bermotor memiliki hak utama yang
menggunakan alat peringatan dengan bunyi dan sinar dan / atau yang dikawal oleh
petugas Polri.
a. Kend Pemadam Kebakaran yg sdg melaks tugas
b. Ambulan yang mengangkut orang sakit ;
c.Kend untuk memberikan pertolongan pd kecelakaan
Lalu lintas;
d. Kendaraan Pimpinan Lembaga Negara Republik
Indonesia;
e. Kend Pimpinan dan Pejabat Negara Asing serta Lembaga
internasional yg menjadi tamu Negara;
f. Iring iringan Pengantar Jenazah; dan
g. Konvoi dan / atau kend utk kepentingan tertentu menurut
pertimbangan petugas Kepolisian RI.
Pasal 287 ayat (4) jo Pasal 59 dan pasal 106 (4) huruf (f) jo Pasal 134 dan pasal 135.
Denda : Rp 250.000

t. Hak pejalan kaki atau Pesepeda
Tidak mengutamakan pejalan kaki atau pesepeda
Pasal 284 jo 106 ayat (2).
Denda : Rp 500.000
Kembali Ke Atas Go down
rizkisplastcher
Letnan Jendral
Letnan Jendral
avatar

Male Number of posts : 1563
Age : 28
Lokasi : jakarta
Points : 2745
Registration date : 23.06.10

PostSubyek: Re: Tips Apabila Kena tilang   8/2/2011, 18:49

wah sangat berguna sekali ni tipsnya dari suhu-suhu Razz
tetp safety on the road yah bro





_________________
Black Shadow - B 6298 EST
Kembali Ke Atas Go down
http://rizki.rizki@hotmail.com
Kentank
Mayor Jendral
Mayor Jendral
avatar

Male Number of posts : 319
Age : 28
Points : 342
Registration date : 21.11.10

PostSubyek: Re: Tips Apabila Kena tilang   5/3/2011, 03:56

kalo di tilang sebisa mungkin sopan,,
biyasanya pak polisi nya akan lebih ramah ke kita,

meski kita harus tetap membayar denda
lol!
Kembali Ke Atas Go down
ZENatNET
Brigadir Jendral
Brigadir Jendral
avatar

Male Number of posts : 75
Age : 38
Lokasi : Taman Royal,Tangerang
Points : 85
Registration date : 09.08.09

PostSubyek: Re: Tips Apabila Kena tilang   5/3/2011, 17:37

Alhamdulillah ane terakhir (ampir) kena tilang dilepasin . katanya ane kooperatif hihihi

(tapi ampe sekarang gue yakin bener kalo lampunya ijo pas gue jalan!!!)
Kembali Ke Atas Go down
http://www.noweb.com
Sharpshooter
Letnan Jendral
Letnan Jendral


Male Number of posts : 814
Age : 45
Points : 870
Registration date : 09.08.10

PostSubyek: Re: Tips Apabila Kena tilang   17/3/2011, 15:06

ya, semoga polri bisa lebih tegas.
dah muak liat kelakuan pengendara, terutama motor.
Lawan arus, gak pake helm, gak nyala lampu-malam2 sekalipun, gak ada plat nomor, brenti di depan lamp merah (heran nya ini, kadang ada polantas yg mengatur-justru disuruh tuh motor2 maju-jelang lamp ijo- tetap aja kan gak bener).

tertibkan juga pak ogah, yg ngatur seenaknya.

ayoo, mulai dari diri masing2 juga ya... Smile
Kembali Ke Atas Go down
http://www.kaskus.us
abotbotie
Letnan Jendral
Letnan Jendral
avatar

Male Number of posts : 1369
Age : 31
Lokasi : South Chapter
Points : 1364
Registration date : 17.06.09

PostSubyek: Re: Tips Apabila Kena tilang   17/3/2011, 15:58

Nice info Bros 2 jempol

Rgds Smile
Kembali Ke Atas Go down
http://www.abotbotie-blogspot.com
adiboy
Brigadir Jendral
Brigadir Jendral
avatar

Male Number of posts : 197
Age : 37
Points : 204
Registration date : 16.02.11

PostSubyek: Re: Tips Apabila Kena tilang   23/3/2011, 09:25

nice info....bro.
Kembali Ke Atas Go down
http://adimardjanto@yahoo.com
Kyokushin Fighter
Letnan Jendral
Letnan Jendral
avatar

Male Number of posts : 602
Age : 34
Lokasi : BUITENZORG
Points : 615
Registration date : 05.02.11

PostSubyek: Re: Tips Apabila Kena tilang   30/3/2011, 23:26

nais inpo brader......

keep safety riding.......
Kembali Ke Atas Go down
http://dony_siliwangi@yahoo.com
redLucu
Letnan Jendral
Letnan Jendral
avatar

Male Number of posts : 557
Age : 36
Lokasi : jaktim
Points : 574
Registration date : 10.02.11

PostSubyek: Re: Tips Apabila Kena tilang   1/4/2011, 09:19

nice info brad... Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
http://aryo_pradhite@yahoo.com
whitegreen
Jendral Besar
Jendral Besar
avatar

Male Number of posts : 4002
Age : 27
Lokasi : buitenzorg
Points : 4417
Registration date : 24.02.11

PostSubyek: Re: Tips Apabila Kena tilang   1/4/2011, 10:35

nice info gann 2 jempol
Kembali Ke Atas Go down
http://www.yahoo.com
Evilsonicz
Brigadir Jendral
Brigadir Jendral
avatar

Male Number of posts : 59
Age : 40
Lokasi : Jakarta Timur
Points : 69
Registration date : 10.04.11

PostSubyek: Re: Tips Apabila Kena tilang   10/4/2011, 02:35

Makasih bgt infonya bro..
Kembali Ke Atas Go down
https://www.facebook.com/profile.php?id=100000484459426
z@ndor@
Brigadir Jendral
Brigadir Jendral
avatar

Male Number of posts : 195
Age : 46
Lokasi : Kuala kencana
Points : 207
Registration date : 23.08.10

PostSubyek: Re: Tips Apabila Kena tilang   14/4/2011, 16:08

Peraturan diatas sdh diupdate lagi nggk ya broo Laughing
coz,disitu blon ada peraturan tentang
# larangan knalpot racing,
# Memakai kendaraan diluar daerah tanpa ganti plat no setempat dll.
Kembali Ke Atas Go down
http://www.yahoo.co.id
ahimawa
Letnan Jendral
Letnan Jendral
avatar

Male Number of posts : 953
Age : 36
Lokasi : Jakarta
Points : 60
Registration date : 06.06.08

PostSubyek: Re: Tips Apabila Kena tilang   14/4/2011, 16:38

damai..
Kembali Ke Atas Go down
http://www.cyber-ninja250r.co.cc
Bongkenk_ARZEX
Letnan Jendral
Letnan Jendral
avatar

Male Number of posts : 1750
Age : 33
Lokasi : Purworejo-Semarang PP
Points : 1821
Registration date : 27.03.11

PostSubyek: Re: Tips Apabila Kena tilang   14/4/2011, 18:02

kalo masih dalam kota....jangan biasain damai dech.....mending sidang aja....(biar ga kebiasaan..end jadi tambahan mencari nafkah bagi polantas....)

kata kakak saya (polisi provos)...kalo ada bukti...boleh di adukan...dan akan di tindaklanjuti.....(tapi ga tau dech...di tindak lanjuti yang seperti apa...)

kalo luar kota>>>>MENDING DAMAI AJA DECH....APALAGI KOTANYA JAUH..... Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
https://www.facebook.com/nicko.anggoro#!/profile.php?id=142487681
Si Kebo_Merah
Mayor Jendral
Mayor Jendral
avatar

Male Number of posts : 283
Age : 31
Lokasi : Gresik Kota Pudak
Points : 311
Registration date : 25.04.11

PostSubyek: Re: Tips Apabila Kena tilang   1/5/2011, 07:12

nice info bro, nyimak dlu :=D>:
Kembali Ke Atas Go down
http://www.yahoo.co.id
masterpiecetoys
Brigadir Jendral
Brigadir Jendral
avatar

Male Number of posts : 174
Age : 41
Points : 207
Registration date : 18.04.11

PostSubyek: Re: Tips Apabila Kena tilang   3/5/2011, 07:41

very valuable information ... matur nuwun sanget !!
Kembali Ke Atas Go down
http://www.masterpiecetoys.com
jhony kiun
Brigadir Jendral
Brigadir Jendral
avatar

Male Number of posts : 71
Age : 36
Points : 74
Registration date : 10.08.10

PostSubyek: Re: Tips Apabila Kena tilang   21/6/2011, 17:31

dalam kota jgn damai,,tanyain dulu operasi itu resmi ga ,,ada surat operasi di tempat trsb ga,kalo ga bisa jawab dia bisa di aduin skrng,sudah banyak berkurng polisi nakal yg mangkal hanya skdr cari uang makan siang wkwkwkkwkwk,,,
Kembali Ke Atas Go down
http://tger_borneo@ymail.com
Ninja_Maiden
Calon Jendral
Calon Jendral
avatar

Male Number of posts : 38
Age : 30
Points : 44
Registration date : 18.07.11

PostSubyek: Re: Tips Apabila Kena tilang   26/7/2011, 11:40

hati2 hati brothers pak po ada dimana-mana keep safefty ya...ane kemaren muter2 ke surabaya banyak polisi yang berhentiin mobil dan motor...Smile
Kembali Ke Atas Go down
boo.chan
Mayor Jendral
Mayor Jendral
avatar

Male Number of posts : 255
Age : 34
Lokasi : ujung dunia
Points : 259
Registration date : 30.01.11

PostSubyek: Re: Tips Apabila Kena tilang   27/7/2011, 06:30

polisi baik kita lebih baik...
polisi nakal ya kita nakalin juga... Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
http://boo.ch4n@yahoo.co.id
Jony



Male Number of posts : 4
Age : 39
Points : 4
Registration date : 31.07.11

PostSubyek: Re: Tips Apabila Kena tilang   4/8/2011, 00:04

Kale three in one tilangnya berapa ya?
Kembali Ke Atas Go down
http://Www.dolphin-kuningan.com
Mars96



Male Number of posts : 1
Age : 22
Points : 1
Registration date : 09.11.11

PostSubyek: Re: Tips Apabila Kena tilang   9/11/2011, 20:10

nice info nih gan
Kembali Ke Atas Go down
http://.........
W3ll4
Calon Jendral
Calon Jendral
avatar

Male Number of posts : 10
Age : 38
Points : 17
Registration date : 20.12.11

PostSubyek: Re: Tips Apabila Kena tilang   13/1/2012, 12:42

tadi siang kena tilang digajah mada gara2 nyala cuma lampu kecil aja Sad
Kembali Ke Atas Go down
http://www.wella.mu
Senzlord
Letnan Jendral
Letnan Jendral
avatar

Male Number of posts : 867
Age : 23
Lokasi : Semarang
Points : 973
Registration date : 08.07.11

PostSubyek: Re: Tips Apabila Kena tilang   15/1/2012, 04:31

Cara agar polisi ngalah... / membebaskan...
Semisal stnk ketinggalan, bilang lah sejujurnya kepada bapak polisi... kejujuran bisa dilihat dengan cara berbicara dengan sopan tanpa dibuat" dan berbicara tanpa berfikir apa yg akan di beritahukan... ngga pake eeemm, hm.. dan sbgnya... jadi misal STNK di bawa cewek/temen pas habis dari Mal (Kan stnk ditunjukin) langsung bilang aja ini STNKnya di bawa temen... kalau ketinggalan ya bilang aja ketinggalan dirumah Very Happy

Insya Allah, pasti gak ditilang... Smile

Misal dibawa ke kantor... ya pasrah aja... gak usah byk omel Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
http://The-senz.blogspot.com
3rw@n
Brigadir Jendral
Brigadir Jendral
avatar

Male Number of posts : 186
Age : 34
Lokasi : Sukadana - Kayong Utara
Points : 192
Registration date : 20.02.12

PostSubyek: Re: Tips Apabila Kena tilang   20/2/2012, 13:23

nice info neh bro
pokoknya jaga keselamatan dan taati peraturan aja deh dijamin amaaaaaaaaaaan !!!!!
Kembali Ke Atas Go down
https://www.facebook.com/
Sponsored content




PostSubyek: Re: Tips Apabila Kena tilang   

Kembali Ke Atas Go down
 
Tips Apabila Kena tilang
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 2Pilih halaman : 1, 2  Next
 Similar topics
-
» Tips Apabila Kena tilang
» [WTA] Kena tilang gara2 suara knalpot di Bandung/Jakarta
» Apakah ganti knalpot racing itu akan beresiko di tilang...?
» Plat Nomor [Stiker][Share Pengalaman]
» STIKER PLAT NO DEPAN...

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum Ninja 250R Community :: BERANDA :: Arsip Penting-
Navigasi: