| Forum Ninja 250R Community |
| | Pendingin Mesin | |
| | Pengirim | Message |
---|
donald.bee Mayor Jendral
Number of posts : 467 Age : 45 Points : 357 Registration date : 15.08.08
| Subyek: Pendingin Mesin 14/10/2008, 13:02 | |
| Bro-bro semua, sharing dong cara menurunkan tempratur mesin saat berkendara agar proforma si Ninin bisa tetap atau tidak drop. Saya ada ngobrol sama bro Frans - Siam Moto kebetulan dia ada jual pompa electric 12V yang kapasitas pompanya lumayan besar, sehingga sirkulasi air lebih deras. Ini diyakini bisa membantu menurunkan tempratur mesin. Kalo WAI, kayanya masih agak terlalu ribet dan riskan(belum ada test yang bejalan sampai 4-5 tahun, untuk lihat efek air terhadap mesin dalam jangka panjang) Apakah bro-bro ada teknik lain? Ngomong-ngomong pompa air radiator ninin kita ini mekanik atau elektrik yach? Maklum buku service manual belom dateng Di tunggu sharingnya bros | |
| | | AKasmy Letnan Jendral
Number of posts : 991 Lokasi : Black N250R (JKT-SEL) Points : 17 Registration date : 20.05.08
| Subyek: Re: Pendingin Mesin 14/10/2008, 15:00 | |
| hmmm coba jawab yaa.... Pada dasarnya cooling system untuk N250R udah bagus kok untuk sehari-hari, namun bisa dibantu dengan menggunakan air radiator type "permanent antifreeze" (udah sering dibahas di post2x lain)... Basically kandungannya adalah 50% soft water (bukan air keran yaa) dan 50% ethylene glycol plus campuran kimia untuk antikarat (air radiator aftermarket bisa dibeli di toko2x onderdil mobil atau motor) dgn kapasitas 1,5 L.... bantuan lainnya adalah menggunakan oli mesin yang bagus agar gesekan di mesin dapat diperkecil, walhasil menurunkan suhu kerja mesin... untuk system kerja pendinginan di N250R adalah gabungan antara elektrik, mekanis (tekanan).... Lebih kurang begini, termostat akan membuka dan menutup seiring perubahan suhu... termostat akan bekerja terus, ketika suhu dibawah 63,5 C termostat akan menutup agar coolant dibatasi jumlah masuknya melalui lobang "bleeder" fungsinya agar suhu mesin meningkat ke temperatur operasi (jadi nggak selamanya air deras itu bagus, kalau air berputar terus secara deras mesin akan susah mencapai suhu operasi). Sebaliknya bila suhu diatas 66.5 C air coolant dibuka oleh termostat biar suhu menurun dan stabil kembali... Namun dalam kondisi tertentu (co. macet, hari panas terik, dll) jika suhu meningkat diatas 100 C kipas radiator bekerja untuk membantu pendinginan atas perintah termostat (jgn kebanyakan bopeng yaa radiator threadnya, radiator banyak bopeng akan menghambat suction udara oleh fan)... Untuk sistem mekanis-tekanannya, seiring peningkatan suhu maka air radiator akan memanas dan memuai dan menghasilkan tekanan pada ruang radiator... Di leher radiator ada dua valve, pertama "presure gauge" ketika tekanan lebih dari 123 kPa valvenya membuka dan melepas tekanan (dari hawa panas) berlebih untuk menurunkan suhu. Sebaliknya ketika tekanan dibawah 93 kPa maka valve menutup untuk menjaga suhu mesin... Jadi kalau isi air radiatornya jgn berlebih, air radiator berlebih walaupun akan terbuang dapat mengganggu sistem presure di waterway pada awalnya... Selain itu ketika kita pertama kali memutar kontak kunci, maka secara otomatis water pump bekerja kok di N250R gampangnya cara kerja udah mirip mobil kok jadi air tersikulasi terus... Hope it helps... Sumber: Primbon service Ninja 250R '08 Info lain bisa lihat di post: - (Ask) Bingung Nih, Maklum Nubie! (Cooling System & Clutch)- (Ask) Cara Isi Air Radiator- (Ask) Kipas Radiator Soak (Suka Nyala Sendiri)...???- (Ask) Elektrik Pump Radiator- (Ask) Tetesan Air Ijo (Kemungkinan Air Radiator)...? | |
| | | zka Admin
Number of posts : 1388 Age : 39 Lokasi : Cinere - Depok Points : 202 Registration date : 03.06.08
| Subyek: Re: Pendingin Mesin 14/10/2008, 15:51 | |
| Om Asmy...mau donk buku primbonnya hehehe | |
| | | donald.bee Mayor Jendral
Number of posts : 467 Age : 45 Points : 357 Registration date : 15.08.08
| Subyek: Re: Pendingin Mesin 14/10/2008, 21:05 | |
| Wuaduhhh luengkapp banget ulasan Radiator Nininnya Bro Asmy. Tapi Bro perhatiin gak kalo mesin baru kita panasin 2 menit lalu kita mulai jalan. Misal pada RPM 6000 speed 78KM/Jam, lalu setelah let say 15-30menit-pada Rpm 6000 hanya mencapai 74-75Km/Jam, kalo jalanan macettt, siang pula - pada Rpm yg sama bisa sampe 72-74KM/Jam (KMnya plus minus yach) Fan juga tentunya makin sering nyala, dan ini kadang-kadang membuat saya kepikiran juga, karena selain proforma menurun-tentunya dengan rata-rata suhu mesin yang meningkat;tentunya juga akan mengurangi umur packing mesin si ninin. Mungkin itu juga yang menyebabkan ada yang menjual termostat valve untuk Ninin 250 supaya bekerja di temperatur yang lebih rendah. Ya, pastinya tidak mungkin kita buat ninin kita sampe dingin seperti suhu ruangan, ada 3 titik penting yang Bro Asmy udah info 63.5 C / 66,5 C / 100 C paling tidak bisa di dekat2x 64-80 C lah biar bisa mendongkrak proforma gitu kali yah? Tapi bro-bro semua juga ngerasain khan bahwa secara berkala fan si ninin berbunyi? ini artinya pertanda si temperatur suka menyentuh titik 100 C Di tunggu sharenya..... | |
| | | AKasmy Letnan Jendral
Number of posts : 991 Lokasi : Black N250R (JKT-SEL) Points : 17 Registration date : 20.05.08
| Subyek: Re: Pendingin Mesin 14/10/2008, 22:36 | |
| yup bener bro, kipas memang sering bunyi (nyala) apalagi kalau sedang macet, berarti memang kalau menurut primbon sering nyentuh batas 100 C (tapi pastinya batas toleransi mesin terhadap suhu panas dibikin lebih oleh kawasaki)... kalau sedang jalan frekwensi nyala kipas lebih jarang kok karena dibantu oleh flow angin natural ketika sedang berkendaraan... hal lain juga tergantung cara pengendaraan maen di RPM berapa, makin tinggi RPM tentunya makin panas... untuk antisipasi lainnya dalam membantu menurunkan suhu mesin juga tergantung dari komponen lainnya salah satu yang saya sebutkan diatas yaitu lubrikasi mesin, komponen lainnya yg juga diperhatikan kalau sesuai primbon diantaranya sbb: - Firing incorrect (spark plug dirty, broken, or maladjusted)
- Fuel-Air mixture incorrect (main jet clogged or wrong size)
- Compression to high (carbon built up in combustion chamber)
- Engine load faulty (engine oil level to high or to high viscosity)
- Lubrication inadequate (engine oil level to low, or poor quality)
- Coolant incorrect (level to low or deteriorated)
- Cooling system component incorrect (radiator fin damaged, thermostat trouble, radiator cap trouble, fan relay-motor-or blade damaged, water pump trouble)
Sedangkan jadwal berkala untuk pemeriksaan khusus untuk cooling system itu tiap 1, 6, 12, 18, dst (x1000 km)... nah kalau ada yang jual aftermarket termostat valve untuk N250R bisa juga sebagai alternatif untuk membantu pendinginan kalau mau dicoba, atau bisa juga coba elektrik pumpnya (seperti yg bro sebut di post pertama) tapi tetap dijaga atau disetel agar suhu operasi mesin tetap terjaga antara 63-67 C... saran gue sih coba tanya2x sama kawi dulu atau rekan2x lain mungkin ada masukan untuk part aftermarket untuk cooling system... hope it helps... | |
| | | Sponsored content
| Subyek: Re: Pendingin Mesin | |
| |
| | | | Pendingin Mesin | |
|
Similar topics | |
|
| Permissions in this forum: | Anda tidak dapat menjawab topik
| |
| |
| |
|