| Forum Ninja 250R Community |
| | Mengapa knalpot lokal se-begitu mahalnya? | |
|
+36Vloser senz ninin genjre Noc_2105 Aokiji pandaibesi Ben_gip Blastman Izqykecil dbwidjaja safefananto muzez87 nozapopski RaVeNzZ robs black_shadow cumi_cumi Aguzzz donald.bee ahimawa H and I gabby2007 roadman1524 Aap Jordan zka yopie lo Abdy Bl4ck_w4rri0r shinobi 4509 Benny wekdor suhud cecEp_gorbacEv dark_knight 40 posters | |
Pengirim | Message |
---|
Noc_2105 Mayor Jendral
Number of posts : 426 Age : 39 Lokasi : Cipinang - Jakarta Timur Points : 435 Registration date : 17.02.12
| Subyek: Re: Mengapa knalpot lokal se-begitu mahalnya? 14/6/2012, 13:05 | |
| - Ben_gip wrote:
- dark_knight wrote:
- Mengapa knalpot lokal "relatif" begitu mahalnya? "Relatif" hanya menurut saya mungkin..karena persepsi setiap orang berbeda-beda.
Sesuai judul saya hanya mengungkapkan perasaan saya aja tanpa menyebutkan merk dll...Saya hanya melihat dari prinsip ekonomi pengen harga murah tapi berkualitas tinggi...
Secara umum rata2 knalpot untuk kelas2 sport seperti tiger/scorpio/vixion aja rasanya jarang yg sampe Rp.700.000, Padahal kalo diitung-itung cuma nambah 1pipa header saja...Apa karena ninja250 membutuhkan pemikiran,riset, tenaga kerja, bahan baku, material, hak paten, pajak yg lebih dari motor2 yg saya sebutkan diatas?
Apa karena melihat motor ini "relatif" mahal? hmm..atau mengikuti jejak produk luar yg rata-rata tinggi harganya?..+rasanya dari pantauan secara langsung dari beberapa produk luar/lokal. Menurut pendapat/persepsi/pandangan mata/selera secara kualitas produk lokal "relatif" pengerjaannya/finishing rata-rata terkadang kurang rapih/kurang mulus/sedikit maksa/mepet/mentok terkadang harus diretur-kan/dikembalikan karena tidak pas...Sedangkan knalpot yg impor dari thailand aja jelas2 memakai ongkos kirim sedikit lebih murah/sama harganya dengan produk lokal, saya memang tidak tau seberapa besar biaya operasional untuk pembuatan sebuah knalpot ninja250r diIndonesia.
Mungkin yang disebut solusi bagi saya untuk harga knalpot ninja250 seperti sekarang anggaplah harga "relatif" rata-rata sama seperti sekarang..Bukan secara performance saja karena produk lokal juga sudah lumayan terbukti dari segi performance & suaranya..tetapi perhatikan kualitas/finishing pengerjaan produknya agar mendekati/setaraf dengan produk luar..Mungkin hanya sekedar teori karena kalau disuruh bikin knalpot juga saya mengaku tidak bisa dan tidak ingin belajar karena bukan bidang saya tentunya...
Anggaplah tulisan ini hanya sekedar penilaian/pendapat/persepsi/pandangan/perhatian saya/kritik & saran dari saya terhadap perkembangan knalpot di Indonesia khususnya knalpot ninja250...hueuheuhuhe, Dan yang menjadi nilai positif mungkin beberapa produsen knalpot berani meng-garansikan produknya..suatu hal yang bagus, luar biasa & berani menurut saya..Semoga produk knalpot Indonesia khususnya untuk ninja250 semakin maju, jangan kita aja yang terus menerus pengen knalpot luar..tapi kalau bisa dibalik..orang luar yg harusnya pengen knalpot produksi Indonesia..huheuheuhuhe
Akhir kata dijual mahal aja tetep laku kok, Apalagi kalau kualitas/finishing pengerjaannya lebih mantap..Saya sangat yakin pasti bule-bule pada ngeceng2/mimpiin/idam2kan knalpot dalam negri..Cintailah produk dalam negeri, Bener gak? dalam artian mahal karna nambah 1 pipa header so pasti bohong bro, mahal bcoz ini termasuk part slowmoving maybe bro, riset? Andai bro tinggal dekat rumah sy dan tau caranya bikinnya, mungkin bro kaget,, kok bisa bikin knalpot dgn cara begitu bs mahal, maaf sekali lagi, cibier ane pernah dipakai jg buat bikin cetakan knalpot salah satu brand ternama indonesia. Tidak sampai 3 jam bro, sudah jadi tuh knalpot. Jgnkan riset wong potong pipa aja bukan dihitung kok, melainkan dipaskan agar tidak mentok sana sini saja. Apa itu bisa dibilang R&D? Sudah bijitu, harganya bro,,, grrrrrr... bwt yg pesan special order, ada yg mencapai harga sendalpot ninin termahal bro, Sebetulnya ane paling bangga pake produk dalam negri. Tp bwt yg merk yg satu ini sori bro, ini bukan seperti yg harapan ane, ane sebenarnya paling ga suka memburukkan sebuah produk, tp lain halnya bwt yg ini. Masih banyak kok produk2 knalpot lain di indo yg bagus. Mungkin yg seperti itu yg patut dicontoh, dilirik bule2, dipakai dipentas dunia, dan dapat dibanggakan dan mengharumkan bangsa. engga selalunya produk lokal jelek, tapi engga semuanya produk lokal yg punya nama jg bagus bro... Wah? pm-in merk ntu knalpot dong bro....soale ane kepincut dengan salah satu merk knalpot lokal yang udah punya nama takut buang duit.... | |
| | | dark_knight Letnan Jendral
Number of posts : 1514 Age : 42 Lokasi : Bandung City Points : 325 Registration date : 24.07.08
| Subyek: Re: Mengapa knalpot lokal se-begitu mahalnya? 18/6/2012, 22:18 | |
| wah postingan gw bisa bangkit dari kubur gini...kwkwkwkwk | |
| | | genjre Brigadir Jendral
Number of posts : 166 Age : 49 Lokasi : Jakarta Points : 192 Registration date : 24.01.12
| Subyek: Re: Mengapa knalpot lokal se-begitu mahalnya? 19/6/2012, 17:19 | |
| - Ben_gip wrote:
- dalam artian mahal karna nambah 1 pipa header so pasti bohong bro, mahal bcoz ini termasuk part slowmoving maybe bro, riset? Andai bro tinggal dekat rumah sy dan tau caranya bikinnya, mungkin bro kaget,, kok bisa bikin knalpot dgn cara begitu bs mahal,
maaf sekali lagi, cibier ane pernah dipakai jg buat bikin cetakan knalpot salah satu brand ternama indonesia. Tidak sampai 3 jam bro, sudah jadi tuh knalpot. Jgnkan riset wong potong pipa aja bukan dihitung kok, melainkan dipaskan agar tidak mentok sana sini saja. Apa itu bisa dibilang R&D? Sudah bijitu, harganya bro,,, grrrrrr... bwt yg pesan special order, ada yg mencapai harga sendalpot ninin termahal bro, Sebetulnya ane paling bangga pake produk dalam negri. Tp bwt yg merk yg satu ini sori bro, ini bukan seperti yg harapan ane, ane sebenarnya paling ga suka memburukkan sebuah produk, tp lain halnya bwt yg ini. Masih banyak kok produk2 knalpot lain di indo yg bagus. Mungkin yg seperti itu yg patut dicontoh, dilirik bule2, dipakai dipentas dunia, dan dapat dibanggakan dan mengharumkan bangsa. engga selalunya produk lokal jelek, tapi engga semuanya produk lokal yg punya nama jg bagus bro... Wew... Kayaknya gw tau deh Brand yg dimaksud. He..he! | |
| | | pandaibesi Mayor Jendral
Number of posts : 332 Age : 39 Lokasi : cileungsi Points : 341 Registration date : 02.04.12
| Subyek: Re: Mengapa knalpot lokal se-begitu mahalnya? 19/6/2012, 19:42 | |
| dan nama kenal pot itu adalah....... | |
| | | Noc_2105 Mayor Jendral
Number of posts : 426 Age : 39 Lokasi : Cipinang - Jakarta Timur Points : 435 Registration date : 17.02.12
| Subyek: Re: Mengapa knalpot lokal se-begitu mahalnya? 19/6/2012, 20:02 | |
| hehehehhee...ternyata yang gua takutkan bener, untunggg belum beli akhirnya milih merk lain yang bener2 di riset dengan bener dan diuji dah....meskipun butuh pertimbangan matang2 lagi apakah pemakaian knalpot ini berpengaruh signifikan / ga pada daya tahan mesin... hhhh..... | |
| | | senz ninin Letnan Jendral
Number of posts : 3835 Age : 33 Lokasi : malang-jatim Points : 4067 Registration date : 05.02.10
| Subyek: Re: Mengapa knalpot lokal se-begitu mahalnya? 19/6/2012, 21:48 | |
| Share pengalaman bro, hem........... critanya gini temen ane dipasrahin buat benerin silincer knalpot ninja (Lokal tapi nama udah terkenal) yang abis tabrakan, dari kerusakan-nya terbilang cukup parah a.k.a kudu bikin silincer baru (khan kalu karbon kalau udah ringsek mau diapain lagi kalau udah pecah parah). Nah kagetnya pas iseng2 bedah thu silincer waduh............kebayang dech padahal harga jual thu knalpot ke end user bisa sampai 2-3jt cuma bahan bakunya ane estimasi per silincernya nda nyampe 1jt bahkan bisa dibawahnya karena produksi massal bisa dipastikan butuh bahan baku yang kuantitinya banyak jadi harga bahan baku bisa harga grosir (korting) jadi dipastikan per silincer bisa dapat untung 100-200%. Ya gmana bro dari glasswool aja udah pake glasswool salon / speaker + dinding silincer cuma dilapis plat almu tipis dan dibalut carbon 1 lapis, ya jelas aja kalau nie knalpot gampang pecah pas accident wong bahan-nya ringkih kayak gini. Cuma bener juga mas bro sekarang udah era bisnis yang tidak sehat. Mengapa demikian ? karena pelaku bisnis sekarang ini ingin mengutamakan income yang banyak bisa mencapai 100-200% tetapi kualitas dikesampingkan jika nama udah besar dan terkenal. Memang jika merintis usaha harus mengutamakan kualitas baru disambung dengan harga yang wajar tapi sayangnya kalau nama udah besar dan terkenal kualitas di dinomor 100-kan yang penting income bisa diraup sebesar-besarnya dan ini terjadi bukan hanya pelaku bisnis lokalan tapi pelaku bisnis luarpun menerapkan cara ini, sungguh disayangkan saja kalau konsumen sekarang gampang ditipu dan dibodohi hanya untuk membeli sebuah nama bukan membeli kualitas dari produknya. | |
| | | Noc_2105 Mayor Jendral
Number of posts : 426 Age : 39 Lokasi : Cipinang - Jakarta Timur Points : 435 Registration date : 17.02.12
| Subyek: Re: Mengapa knalpot lokal se-begitu mahalnya? 19/6/2012, 22:05 | |
| ^^ setujuuuu!!! | |
| | | Vloser Letnan Jendral
Number of posts : 841 Age : 29 Lokasi : Jakarta Timur Points : 832 Registration date : 16.04.12
| Subyek: Re: Mengapa knalpot lokal se-begitu mahalnya? 19/6/2012, 22:13 | |
| Jadi solusinya gimana nih bro? Apakah para pembuat knalpot dalam negri harus meniru cara produksinya knalpot luar? | |
| | | senz ninin Letnan Jendral
Number of posts : 3835 Age : 33 Lokasi : malang-jatim Points : 4067 Registration date : 05.02.10
| Subyek: Re: Mengapa knalpot lokal se-begitu mahalnya? 20/6/2012, 09:05 | |
| | |
| | | Aokiji Calon Jendral
Number of posts : 42 Age : 43 Points : 38 Registration date : 26.10.08
| Subyek: Re: Mengapa knalpot lokal se-begitu mahalnya? 20/6/2012, 09:19 | |
| - senz ninin wrote:
- Share pengalaman bro, hem........... critanya gini temen ane dipasrahin buat benerin silincer knalpot ninja (Lokal tapi nama udah terkenal) yang abis tabrakan, dari kerusakan-nya terbilang cukup parah a.k.a kudu bikin silincer baru (khan kalu karbon kalau udah ringsek mau diapain lagi kalau udah pecah parah). Nah kagetnya pas iseng2 bedah thu silincer waduh............kebayang dech padahal harga jual thu knalpot ke end user bisa sampai 2-3jt cuma bahan bakunya ane estimasi per silincernya nda nyampe 1jt bahkan bisa dibawahnya karena produksi massal bisa dipastikan butuh bahan baku yang kuantitinya banyak jadi harga bahan baku bisa harga grosir (korting) jadi dipastikan per silincer bisa dapat untung 100-200%. Ya gmana bro dari glasswool aja udah pake glasswool salon / speaker + dinding silincer cuma dilapis plat almu tipis dan dibalut carbon 1 lapis, ya jelas aja kalau nie knalpot gampang pecah pas accident wong bahan-nya ringkih kayak gini. Cuma bener juga mas bro sekarang udah era bisnis yang tidak sehat. Mengapa demikian ? karena pelaku bisnis sekarang ini ingin mengutamakan income yang banyak bisa mencapai 100-200% tetapi kualitas dikesampingkan jika nama udah besar dan terkenal. Memang jika merintis usaha harus mengutamakan kualitas baru disambung dengan harga yang wajar tapi sayangnya kalau nama udah besar dan terkenal kualitas di dinomor 100-kan yang penting income bisa diraup sebesar-besarnya dan ini terjadi bukan hanya pelaku bisnis lokalan tapi pelaku bisnis luarpun menerapkan cara ini, sungguh disayangkan saja kalau konsumen sekarang gampang ditipu dan dibodohi hanya untuk membeli sebuah nama bukan membeli kualitas dari produknya.
hmmm...klo saya dari pelaku produsen (pernah kerja di pabrik rokok) dan penjual cuman bisa bilang beberapa point begini : 1.klo sudah ngomongin level pabrik meskipun bahan baku bisa dapat murah tapi jangan lupakan faktor "menggaji" karyawan yg jumlahnya gak sedikit, biaya packing biaya, biaya shipping dan lain2. harga musti di markup gede supaya ke distributor dan pengecer dapat gede juga dari sisi produsen ke distributor paling dapetnya cuman beberapa persen tapi krn qty bisa gede jadi ya lumayan. dari sisi pengecer ya mana mungkin mau modal 1.8jt untung 50rb klo muternya cepet kek kacang goreng mah gpp hehehe biasanya 20-30% dari modal. 2. mengenai silincer carbon, saya rasa tidak salah klo penjualnya bilang "ini silincer carbon" tapi ternyata "hanya" lapis mungkin ada faktor tidak tahu dan tidak jujur. bahkan silincer sekelas merk http://www.yasuni.com/ yg dipakai di GP125 pun di webnya ditulis carbonkevlar, setelah saya berjualan silincer tsb baru tahu klo ternyata carbonnya dilapiskan ke tabung alumunium. 3. mengenai kekuatan pure carbon (tanpa almu) sendiri apakah harus silincer carbon accident silincer tetap kuat? saya cuman bisa bilang tergantung jumlah lapisannya. toh fairing yg dipakai di gp bahannya carbon accident ancur juga padahal di youtube untuk membuat hood mobil dibutuhkan minimal 5 lapis carbon. contoh lain ada teman yg beli silincer TZ termignoni kok nggak sengaja acc di sentul pas latihan silincer jutaan ancur keliatan dalemnya nggak ada lapis logamnya jadi kualitas seperti apa yg dituntut dari sebuah silincer carbon? | |
| | | senz ninin Letnan Jendral
Number of posts : 3835 Age : 33 Lokasi : malang-jatim Points : 4067 Registration date : 05.02.10
| Subyek: Re: Mengapa knalpot lokal se-begitu mahalnya? 20/6/2012, 12:20 | |
| - Aokiji wrote:
- senz ninin wrote:
- Share pengalaman bro, hem........... critanya gini temen ane dipasrahin buat benerin silincer knalpot ninja (Lokal tapi nama udah terkenal) yang abis tabrakan, dari kerusakan-nya terbilang cukup parah a.k.a kudu bikin silincer baru (khan kalu karbon kalau udah ringsek mau diapain lagi kalau udah pecah parah). Nah kagetnya pas iseng2 bedah thu silincer waduh............kebayang dech padahal harga jual thu knalpot ke end user bisa sampai 2-3jt cuma bahan bakunya ane estimasi per silincernya nda nyampe 1jt bahkan bisa dibawahnya karena produksi massal bisa dipastikan butuh bahan baku yang kuantitinya banyak jadi harga bahan baku bisa harga grosir (korting) jadi dipastikan per silincer bisa dapat untung 100-200%. Ya gmana bro dari glasswool aja udah pake glasswool salon / speaker + dinding silincer cuma dilapis plat almu tipis dan dibalut carbon 1 lapis, ya jelas aja kalau nie knalpot gampang pecah pas accident wong bahan-nya ringkih kayak gini. Cuma bener juga mas bro sekarang udah era bisnis yang tidak sehat. Mengapa demikian ? karena pelaku bisnis sekarang ini ingin mengutamakan income yang banyak bisa mencapai 100-200% tetapi kualitas dikesampingkan jika nama udah besar dan terkenal. Memang jika merintis usaha harus mengutamakan kualitas baru disambung dengan harga yang wajar tapi sayangnya kalau nama udah besar dan terkenal kualitas di dinomor 100-kan yang penting income bisa diraup sebesar-besarnya dan ini terjadi bukan hanya pelaku bisnis lokalan tapi pelaku bisnis luarpun menerapkan cara ini, sungguh disayangkan saja kalau konsumen sekarang gampang ditipu dan dibodohi hanya untuk membeli sebuah nama bukan membeli kualitas dari produknya.
hmmm...klo saya dari pelaku produsen (pernah kerja di pabrik rokok) dan penjual cuman bisa bilang beberapa point begini : 1.klo sudah ngomongin level pabrik meskipun bahan baku bisa dapat murah tapi jangan lupakan faktor "menggaji" karyawan yg jumlahnya gak sedikit, biaya packing biaya, biaya shipping dan lain2. harga musti di markup gede supaya ke distributor dan pengecer dapat gede juga dari sisi produsen ke distributor paling dapetnya cuman beberapa persen tapi krn qty bisa gede jadi ya lumayan. dari sisi pengecer ya mana mungkin mau modal 1.8jt untung 50rb klo muternya cepet kek kacang goreng mah gpp hehehe biasanya 20-30% dari modal. 2. mengenai silincer carbon, saya rasa tidak salah klo penjualnya bilang "ini silincer carbon" tapi ternyata "hanya" lapis mungkin ada faktor tidak tahu dan tidak jujur. bahkan silincer sekelas merk http://www.yasuni.com/ yg dipakai di GP125 pun di webnya ditulis carbonkevlar, setelah saya berjualan silincer tsb baru tahu klo ternyata carbonnya dilapiskan ke tabung alumunium. 3. mengenai kekuatan pure carbon (tanpa almu) sendiri apakah harus silincer carbon accident silincer tetap kuat? saya cuman bisa bilang tergantung jumlah lapisannya. toh fairing yg dipakai di gp bahannya carbon accident ancur juga padahal di youtube untuk membuat hood mobil dibutuhkan minimal 5 lapis carbon. contoh lain ada teman yg beli silincer TZ termignoni kok nggak sengaja acc di sentul pas latihan silincer jutaan ancur keliatan dalemnya nggak ada lapis logamnya
jadi kualitas seperti apa yg dituntut dari sebuah silincer carbon?
kalau dari pemaparan bro disini ane nda keberatan soal harga mau dimahalin sekalian karena faktor gaji karyawan, shipping ke distributor, dll monggo itu hak produsen cuma yang perlu dititik beratkan adalah dari segi kualitas jangan di kurangi kalau harga bisa di mahalin itu saja, kalau sampai kualitas diturunin tapi harga tetap dan malah dimahalin itu sudah nda bener dan itu sudah masuk ke kategori penipuan karena spek yang diberikan tidak sesuai dengan spek awal. Menurut pengalaman ane setiap ane sambangin toko tidak hanya toko asesoris motor tapi toko yang diluar segmen motor, jarang banget seller memberikan edukasi ke pembeli agar pembeli dapat cerdas untuk memilih produk yang bakal dibeli, malah sebaliknya kesan-nya membodohi konsumen dan paradigma yang ane benci yaitu kalau seller mengutamakan yang penting laku selanjutnya thu barang yang loe beli bisa dipasang atau nda urusan loe yang penting gue untung (lepas dari tanggung jawab) untuk mengetahui kualitas silincer carbon yang memang menjadi patokan standarisasi (dapat diakui kalau silincer carbon ini memang layak diproduksi, dijual, dan digunakan oleh konsumen) lebih baik menunggu pemaparan dari om prayogo karena beliau merupakan maestro didunia perknalpotan dan pastinya beliau sudah mengetahui spek2 apa aja yang membuat knalpot ini layak dibeli karena kualitasnya | |
| | | Aokiji Calon Jendral
Number of posts : 42 Age : 43 Points : 38 Registration date : 26.10.08
| Subyek: Re: Mengapa knalpot lokal se-begitu mahalnya? 20/6/2012, 13:18 | |
| | |
| | | Vloser Letnan Jendral
Number of posts : 841 Age : 29 Lokasi : Jakarta Timur Points : 832 Registration date : 16.04.12
| Subyek: Re: Mengapa knalpot lokal se-begitu mahalnya? 21/6/2012, 14:59 | |
| Yup, mantap penjelasannya bro seno | |
| | | senz ninin Letnan Jendral
Number of posts : 3835 Age : 33 Lokasi : malang-jatim Points : 4067 Registration date : 05.02.10
| Subyek: Re: Mengapa knalpot lokal se-begitu mahalnya? 21/6/2012, 16:41 | |
| | |
| | | Aokiji Calon Jendral
Number of posts : 42 Age : 43 Points : 38 Registration date : 26.10.08
| | | | raditz00 Mayor Jendral
Number of posts : 345 Age : 36 Lokasi : Jakarta Selatan Points : 385 Registration date : 15.03.11
| Subyek: Re: Mengapa knalpot lokal se-begitu mahalnya? 28/7/2012, 13:43 | |
| | |
| | | teamsuckses Mayor Jendral
Number of posts : 363 Age : 46 Points : 378 Registration date : 26.03.12
| Subyek: Re: Mengapa knalpot lokal se-begitu mahalnya? 30/7/2012, 02:43 | |
| | |
| | | dfebra Brigadir Jendral
Number of posts : 152 Age : 34 Lokasi : jember Points : 163 Registration date : 15.04.12
| | | | oprisurya Mayor Jendral
Number of posts : 340 Age : 27 Lokasi : yogyakarta Points : 385 Registration date : 29.04.12
| Subyek: Re: Mengapa knalpot lokal se-begitu mahalnya? 17/8/2012, 23:07 | |
| | |
| | | Sponsored content
| Subyek: Re: Mengapa knalpot lokal se-begitu mahalnya? | |
| |
| | | | Mengapa knalpot lokal se-begitu mahalnya? | |
|
Similar topics | |
|
| Permissions in this forum: | Anda tidak dapat menjawab topik
| |
| |
| |
|