Kalau menurut gue sih...
1. Untuk model dalam artian varian 250, akan bertahan lama kok... why? kalau melihat sejarahnya nih model udah bertahan selama
+ 20 tahun kok... dan kawasaki kayaknya tetap konsisten mempertahankan model 250 untuk kelas "batu loncatan" ke model supersport dan perkenalan buat new rider... apalagi kalau dilihat trend pabrikan lain yang sempet meninggalkan kelas 250 (dianggap kelas tanggung) kawi tetap bertahan... so, kedepannya kemungkinan besar masih 20 tahun lagi, wong selama ini strategi ini berhasil dan gue nggak ngeliat alasan kenapa kawi kedepannya mesti melepaskan.... (ngarep mode on
)
Visualisasi perubahan pada varian 250 dari 88-08, terlihat untuk edisi perdananya (250 '08 ) lebih ke sport touring (naked bike) namun setelah '88 perubahan bentuk tidak signifikan (kemungkinan besar karena menggunakan basis frame yang sama dari rentang '89-'07) terkecuali untuk model 2008 yang bentuknya memang mengalami perubahan revolusioner (framenya juga ikut berubah - perhatikan silhouette merah N250R '08 )...
2. Coba kita buka dulu yah service manual untuk N250 2007, tolong koreksi bila salah
kalau dilihat dari service manual untuk 2007, N250 tahun lalu masih pakai sistem konvensional (masih ada dimmer switch) dan bohlamnya masih kaki tiga (jauh + deket + masa, 12V 60 jauh/55W deket)... berbeda untuk yang 2008 dimana bohlamnya kayaknya dipisah untuk jauh dan deket (lampu deket selalu on)...
mungkin diterapkan karena pertimbangan peraturan di beberapa negara UE diharuskan siang hari untuk motor lampu tetap nyala (masih ingetkan pernah diuji coba disini), dan kalau dilihat dari parts guide 2008 yang dulu pernah gue post kedua lampunya technically sama (12V 55W) yang beda cuman lampu jauhnya dibikin agak mengarah keatas... so kalau dibilang lampu dimnya nggak ada, emang nggak ada sih menurut gue (karena lampunya kiri-kanan sama) seharusnya menurut gue lampu dim itu lebih terang beberapa watt dibanding lampu deket... bisakah dimodifikasi...? logikanya bisa... tapi inget wiringnya dibikin oleh kawi paralel untuk kedua headlightnya... jadi kalau mau dibikin sebelahnya lampu jauh yaa harus bikin kabel yang terpisah, relay terpisah, bisa jadi switch terpisah.. kenapa? karena sifat listrik DC yang mencari jalur dengan hambatan terkecil - kalau kondisinya masih dipararel bisa2x lampu jauhnya bakal putus melulu... tapi untuk jelasnya harus tanya sama yang ngerti elektronika, karena dulu gue dari A3/IPS...
Note:
- Google search
- Service Manual 2007
- Parts Guide 2008
- Buku fisika dasar jaman SMP (hihihihihi)