ikut share yak...
Ane juga pernah denger tuh yg begitu2..
Tapi ane gak setuju kalo satu2nya alasan mengapa ada kerak atau asap hitam itu karena jarang dibawa ngebut. Ada faktor lain, misal:
1. Settingan motor kurang pas.
2. Campuran bensin terlalu kaya.
3. Ganti spuyer yg lebih besar.
Tapi gw SETUJU kalo memang motor "sekali-kali" harus ditarik di rpm tinggi. Biar gak manja...tapi jangan terlalu sering. Apalagi klo mesin masih standar dan kilometer masih rendah. Bertahap aja. awal ganti gigi di rpm 5000, seminggu kmudian 7000, sebulan kemudian 9000 dan seterusnya. lama2 Mesin akan terbiasa. Asal gak lebih dari batas merah aja. Karena setiap pabrikan punya alasan mengapa batasan merah itu dibuat. Bukan sekedar hiasan..=)
pesen ane: harus lebih peka terhadap motor. Anggep aja dia hidup. kalo lo bisa nyatu ma tu motor, sekecil apapun ada yg salah/kurang ma motor lo, lo pasti bisa ngerasain..(pengalaman) hehehe..
piis aah...