Misi suhu" disini...ane pake ninja karbu nih...
Kemarin baru ganti knalpot dari Scorpion Fullsystem ke Nassert Beet Fullsystem..
Tipe Beetnya kalo liat di website sih yang ga bisa pake step std..pipanya lebih panjang dan ngangkat..
Kondisi saat ini masih pake settingan bekas scorpion..
PJ/MJ 40/105 (Factory Yellow)
Needle Jet (Factory Yellow) posisi clip lupa..
Open Filter K&N 2370 (Stainles Cap, shorter one)
Settingan Angin (kata mekaniknya sih) +-3putaran..
dan tentunya knalpot Nassert Beet FS
dengan asumsi ngeliat 75% kontur pipa beet dan scorpion sama..dari header sampe 3/4 panjang pipa..diasumsikan sama ane settingan ga jauh berbeda..hanya 25% sisanya lebih panjang dan outputnya lebih besar beet dan silencer beet lebih panjang dan besar sehingga bisa ditarik kesimpulan backpressurenya lebih besar..
yang ane rasain sih di rpm bawah aga telat ngisi tenaganya..di rpm 1000-3000 terasa kosong 4000 ke atas baru enak..
selain itu tenaga dirasa enak untuk trek panjang..tapi untuk stop n go harus pas putaran gas dan gear shiftingnya..kecepetan/telat power drop..hal yang jarang terjadi di knalpot scorpion..(masih diasumsikan wajar karena dari kontur beet memang untuk ngejar tenaga atas..) yang aga menjadi ganjalan tenaganya masih kaya yang nahan..memang lebih enak keseluruhan (kecuali stop n go) dibanding scorpion..cuman motor masih kerasa nahan..kayak ada power lebih yang bisa dikeluarin tapi kehambat...
nah ane tarik kesimpulan dengan kontur pipa yang sama tapi lebih panjang dan silencernya lebih panjang..antara nassert beet dan scorpion..apakah motor ane stelannya terlalu kering atau terlalu basah jika menerapkan settingan scorpion ke nassert beet..?gampangnya apakah knalpot dengan design panjang sperti nassert beet butuh settingan yang lebih kering atau lebih basah dibandingkan knalpot seperti design scorpion yang medium (scorpion menurut ane sangat merata antara putaran bawah-atas, hampir sama seperti leovince)..
kiranya ada yg bisa kasi masukan dan saran ditunggu ya..makasih..=)