| bagaimana cara mengoprasikan ninin yg bener?? | |
|
+6ofik AKasmy ahimawa setya57 4509 gohan_solo 10 posters |
Pengirim | Message |
---|
gohan_solo Brigadir Jendral
Number of posts : 111 Age : 44 Lokasi : jakarta Points : 10 Registration date : 01.08.08
| Subyek: bagaimana cara mengoprasikan ninin yg bener?? 25/8/2008, 15:30 | |
| assalaamu'alaikum bro,...mohon pencerahan soal teknik2 pengoprasian motor ini yg bener. pengalaman saya naik motor jantan br sampe tiger 2000 yg karakternya beda dgn ninin, terutama dari sisi mesin. ninin didesain high perform (standard balap) sedangkan tiger didesain untuk harian. pertanyaan saya standard aja : 1. kapan servis & ganti oli pertama dilakukan, dan kapan servis2 & ganti oli berikutnya dilakukan? 2. penggunaan yg baik untuk masing2 gigi sperti apa? misalnya gigi 1 baiknya dipakai dr speed 0-berapa, gigi 2 dr speed berapa-berapa?
sementara pertanyaan saya cukup, mohon pencerahannya....thx | |
|
| |
4509 Letnan Jendral
Number of posts : 856 Age : 44 Points : 319 Registration date : 06.08.08
| Subyek: Re: bagaimana cara mengoprasikan ninin yg bener?? 25/8/2008, 15:46 | |
| bro bro, di buku servis nya ada kok panduan panduan standarnya. coba di cek aja bro.
kan setiap ninin ada buku manual / servis -nya. | |
|
| |
setya57 Mayor Jendral
Number of posts : 315 Lokasi : BALIKPAPAN Points : 0 Registration date : 30.05.08
| Subyek: Re: bagaimana cara mengoprasikan ninin yg bener?? 25/8/2008, 15:51 | |
| Bro Gohan langsung dinaikin aja?? seperti naik motor biasa koq yang perlu diperhatiin pada saat break in mau ikut manual atau langsung tanjap gas... | |
|
| |
ahimawa Letnan Jendral
Number of posts : 953 Age : 42 Lokasi : Jakarta Points : 60 Registration date : 06.06.08
| Subyek: Re: bagaimana cara mengoprasikan ninin yg bener?? 25/8/2008, 16:36 | |
| menurut buku panduan service pertama 500km atau 1 bulan mana yg lebih cepet. service ke dua 3000km atau 3 bln, selanjutnya setiap 3000km. | |
|
| |
AKasmy Letnan Jendral
Number of posts : 991 Lokasi : Black N250R (JKT-SEL) Points : 17 Registration date : 20.05.08
| Subyek: Re: bagaimana cara mengoprasikan ninin yg bener?? 25/8/2008, 17:49 | |
| coba rangkum kesimpulan yah dari post2x bro diatas... A. Kalau bro ikut metode break-in sesuai anjuran buku petunjuk dari kawi, maka: 1. service dan ganti oli plus filter pertama km 500 -> 3000 -> selanjutnya kelipatan 3000 2. RPm tidak boleh lebih dari 4000, regardless of the speed... yang penting kalau udah kena 4000 ganti gigi.... B. Kalau bro ikut metode break-in yang kedua (diluar anjuran buku petunjuk), maka: 1. Ganti oli harus secepatnya km 100 max 250km untuk buang residu yang teramplas, berikutnya lagi 500km, berikutnya lagi 1000-1500, abis itu 3000 dan kembali normal tiap kelipatan 3000 (sesuai buku petunjuk) mungkin bro kalem bisa kasih tambahan karena selain gue yang gue tahu ikut metode dua si kalem... 2. RPM awalnya dipertahankan 6000-8000 (divariasiin) antar ganti gigi sampai km 100, berikutnya 8000-10000 (divariasiin) sampai 250, next boleh < 10000-red line sampai km 500... basicnya pake biasa aja jadi nggak mungkin ikut sesuai buku petunjuk.... Please CMIIW itu untuk masalah ganti oli dan break-in.. untuk aturan speed/rpm tertentu kayaknya di buku petunjuk ada deh (udah lama nggak baca)... Namun saya pribadi sih bro ganti gigi nggak begitu patokan sama speed dan rpm tertentu... saya sih pake aja dan ganti gigi dengerin mesin.... kalau menurut saya suara mesin udah berat dan minta ganti yah diganti gigi berikutnya, tapi tetap aja diusahain tidak lebih dari red line... namun pendekatan ini mungkin nggak konvensional dan mungkin salah... jadi diharap bagi bro2x lain yang lebih ngerti mengkoreksi atau kasih tambahan..... | |
|
| |
ofik Letnan Jendral
Number of posts : 1454 Age : 36 Lokasi : banDung.. Points : 77 Registration date : 02.07.08
| Subyek: Re: bagaimana cara mengoprasikan ninin yg bener?? 25/8/2008, 19:26 | |
| - AKasmy wrote:
B. Kalau bro ikut metode break-in yang kedua (diluar anjuran buku petunjuk), maka: 1. Ganti oli harus secepatnya km 100 max 250km untuk buang residu yang teramplas, berikutnya lagi 500km, berikutnya lagi 1000-1500, abis itu 3000 dan kembali normal tiap kelipatan 3000 (sesuai buku petunjuk) mungkin bro kalem bisa kasih tambahan karena selain gue yang gue tahu ikut metode dua si kalem... nah ini yang mau saya tanyain... klo tiap 100km ganti oli..apa mesti ke kawasaki lagi ato bisa dimana aja..?? klo dimana aja... brapa liter oli yang mesti dimasukin..?? ato qta liat ukuran yang di mesin bagian kanan aja...?? kan ada tuh kayak kaca bulet kecil transparan.... | |
|
| |
AKasmy Letnan Jendral
Number of posts : 991 Lokasi : Black N250R (JKT-SEL) Points : 17 Registration date : 20.05.08
| Subyek: Re: bagaimana cara mengoprasikan ninin yg bener?? 25/8/2008, 19:41 | |
| gantinya nggak usah tiap 100 km kok bro, tapi sesering mungkin apabila memungkinkan... karena takutnya masih ada bekas residu alloy yang teramplas... jumlah liter sama kok dengan biasanya, kalau gue ambil tengah antara batas min dan max... gantinya boleh dan dianjurkan di bengkel resmi tapi pastinya kupon gratisnya kepake.... kalau gue waktu itu ganti sendiri bro, jadi kuponnya masih utuh.. | |
|
| |
ofik Letnan Jendral
Number of posts : 1454 Age : 36 Lokasi : banDung.. Points : 77 Registration date : 02.07.08
| Subyek: Re: bagaimana cara mengoprasikan ninin yg bener?? 25/8/2008, 19:55 | |
| hhmm...
brarti sayah mesti ngeliat thread yang ngomongin masalah rekomendasi oli...
trus beli sendiri...
trus ke bengkel laen aja...
betul bang AKasmy...? | |
|
| |
AKasmy Letnan Jendral
Number of posts : 991 Lokasi : Black N250R (JKT-SEL) Points : 17 Registration date : 20.05.08
| Subyek: Re: bagaimana cara mengoprasikan ninin yg bener?? 25/8/2008, 19:57 | |
| bisa juga kalau bro mau sayang2x kupon gratis service awal 500km di kawi... up to u bro... | |
|
| |
ofik Letnan Jendral
Number of posts : 1454 Age : 36 Lokasi : banDung.. Points : 77 Registration date : 02.07.08
| Subyek: Re: bagaimana cara mengoprasikan ninin yg bener?? 25/8/2008, 20:02 | |
| wah... jangan deh... mending ke bengkel laen aja... toh cmn ganti oli... setau saya tuh oli klo pas diganti mesti dikasih macem semprotan angin dulu yah..?? biar bersih... duh ga tau namanya apaan.. | |
|
| |
AKasmy Letnan Jendral
Number of posts : 991 Lokasi : Black N250R (JKT-SEL) Points : 17 Registration date : 20.05.08
| Subyek: Re: bagaimana cara mengoprasikan ninin yg bener?? 25/8/2008, 20:07 | |
| tadinya saya juga berpikir begitu, tapi kata bro imam jangan disemprot... takutnya ada debu atau partikel lain yang ikut kesemprot ke dalam... jadi sejak itu gue kuras sistem dibiarin dengan tutup olinya masih kepasang tapi dilonggarin biar bisa turun di bawah... kalau masih ketutup rapet atasnya, turun juga tapi agak lama... | |
|
| |
ofik Letnan Jendral
Number of posts : 1454 Age : 36 Lokasi : banDung.. Points : 77 Registration date : 02.07.08
| Subyek: Re: bagaimana cara mengoprasikan ninin yg bener?? 25/8/2008, 20:09 | |
| nah kalo yang itu saya ga ngerti bang AKasmy...
duhh belet banget si sayah...
hehehe... | |
|
| |
gohan_solo Brigadir Jendral
Number of posts : 111 Age : 44 Lokasi : jakarta Points : 10 Registration date : 01.08.08
| Subyek: Re: bagaimana cara mengoprasikan ninin yg bener?? 26/8/2008, 13:26 | |
| thx bro atas info-infonya. maklum aja, buku manual ninin gwe belum ada. kemarin baru dateng langsung aku geber sampe 8000 Rpm. tapi di jakarta yg kondisinya macet begini agak susah jg untuk njaga kecepatan & RPM dalam kondisi konstan, sehingga yg sering aku alami rpm masih tinggi tapi harus turun gigi untuk dapat berakselerasi lagi, akibatnya suara mesin mendengung karna mungkin terlalu banyak menurunkan gigi (tidak sesuai dg RPM). apa yg aku alami ini dapat berakibat buruk pada mesin? | |
|
| |
4509 Letnan Jendral
Number of posts : 856 Age : 44 Points : 319 Registration date : 06.08.08
| Subyek: Re: bagaimana cara mengoprasikan ninin yg bener?? 26/8/2008, 13:45 | |
| huhahahahha digeber ampe 8000, berarti lu ikutin sistem break in no 2 hehehhehe
btw kok bisa belum dapat buku manualnya? plat polisi dah dapat belum? soale buku manual dianter ama plat polisi dan stnknya .
kalo mendengung "nguuuung" itu mungkin dari tangki bensin. dah pernah dibahas juga kok di sini | |
|
| |
ahimawa Letnan Jendral
Number of posts : 953 Age : 42 Lokasi : Jakarta Points : 60 Registration date : 06.06.08
| Subyek: Re: bagaimana cara mengoprasikan ninin yg bener?? 26/8/2008, 13:57 | |
| suara nguung ga ada masalah... buku manual minta aja langsung di dealer!! ga usah nunggu dpt STNK, kelamaan.. | |
|
| |
dark_knight Letnan Jendral
Number of posts : 1514 Age : 42 Lokasi : Bandung City Points : 325 Registration date : 24.07.08
| Subyek: Re: bagaimana cara mengoprasikan ninin yg bener?? 27/8/2008, 02:15 | |
| stnk..ntah dmana diirimu | |
|
| |
teja Super Moderator
Number of posts : 610 Lokasi : Depok - Jabar Points : 1 Registration date : 22.05.08
| Subyek: Re: bagaimana cara mengoprasikan ninin yg bener?? 27/8/2008, 10:26 | |
| Pengalaman gue sejak motor dateng sih...ya biasa aja..ga berpatokan harus stay di 4000rpm...kalo mo lo naikin sampai 10000 rpm juga ga masalah sejauh memang dilakukan dengan smooth..ga maksain...so far motor gue sih aman-aman aja tuh...(lagian siapa yang nahan bawa motor cuma 4000rpm alias maksimal 50km/jam)...satu lagi pake bbm dan oli sesuai spek.... | |
|
| |
Bl4ck_w4rri0r Mayor Jendral
Number of posts : 344 Age : 51 Points : -1 Registration date : 06.08.08
| Subyek: Re: bagaimana cara mengoprasikan ninin yg bener?? 28/8/2008, 16:02 | |
| soal break-in kaya nya kontroversial banget yah ?. IMHO, ada pendapat yg mengatakan masalah periode break-in yg kudu gak boleh lebih dari 4000 rpm, adalah karena pihak Kawi udah lama nggak mengupdate bagian itu lebih dari 10 tahun. Sedangkan proses pembuatan parts jaman sekarang, termasuk ring piston yg katanya sentitif banget saat periode break-in, sudah begitu berkembang dan begitu presisi nya. Gue pribadi walaupun sempet bingung dengan ke dua metode break-in pada awalnya, akhirnya memutuskan ambil jalan tengah aja. Betot gas sesuai sikon. Cuma kalo udah lebih dari 8000 rpm gue usahakan gak mau terlalu lama stay di putaran itu. Abis gitu turun lagi. Paling nggak bisa ngerasain high rev nya si Ninin walau cuma sejenak. | |
|
| |
empha Calon Jendral
Number of posts : 30 Age : 36 Lokasi : cirebon Points : 24 Registration date : 13.04.11
| Subyek: Re: bagaimana cara mengoprasikan ninin yg bener?? 21/4/2011, 12:48 | |
| - AKasmy wrote:
- gantinya nggak usah tiap 100 km kok bro, tapi sesering mungkin apabila memungkinkan... karena takutnya masih ada bekas residu alloy yang teramplas... jumlah liter sama kok dengan biasanya, kalau gue ambil tengah antara batas min dan max... gantinya boleh dan dianjurkan di bengkel resmi tapi pastinya kupon gratisnya kepake.... kalau gue waktu itu ganti sendiri bro, jadi kuponnya masih utuh..
ninin minum oli ampe 1,8liter bos...jadi dua kaleng gt.... | |
|
| |
Sponsored content
| Subyek: Re: bagaimana cara mengoprasikan ninin yg bener?? | |
| |
|
| |
| bagaimana cara mengoprasikan ninin yg bener?? | |
|