| Little Ninja | |
|
+7rante dyanbecks AKasmy dede Admin Aap teja 11 posters |
Pengirim | Message |
---|
teja Super Moderator
Number of posts : 610 Lokasi : Depok - Jabar Points : 1 Registration date : 22.05.08
| Subyek: Little Ninja 30/5/2008, 10:39 | |
| Menyambung komen saya di blognya bro Taufik... tulisan ini saya buat untuk sharing pengalaman saya menunggang Little Ninja sejauh 180 km plus minus. Seperti yang sudah saya tulis terdahulu...didorong rasa penasaran setelah saya memasang ban 140 utk bagian belakang..nah pada hari senin (26-05), selasa, dan kamis...saya coba membawa n250r ke kantor, rute rumah kantor adalah dari sawangan - Bintaro sektor 7, jarak tempuh kurang lebih 60 km PP, sehingga dalam tiga hari saya sudah nyemplak sejauh 180 km di jok n250r. Berikut beberapa catatan yang mungkin bisa jadi bahan masukan buat bro sekalian. Bodyworks & feature-Karena masih merupakan species baru dan langka di jalanan...begitu kita bawa n250r dijalan raya..dijamin banyak mata ngelirik..ga cuma bikers aja...tapi juga pengendara mobil..(mode bangga on ).. -Garis desain body yang streamline cukup mampu menunjang dalam hal handling terutama dalam kecepatan tinggi. Namu pada kecepatan rendah..atau stop n go pun tidak jadi masalah besar walau kaki kita tidak diturunkan ke aspal (jangan ragu karena bobotnya yg cukup berat ternyata pada kecepatan sangat rendah kita masih bisa menyeimbangkan motor tanpa sebelah kaki harus turun). - Satu-satunya kendala adalah pada saat antrean lampu merah kita harus rela menunggu agak dibelakang karena tidak bisa menyelusup ke depan lantaran bodynya cukup gambot, ketambahan lagi spion yang cukup panjang. - Fitur PNF cukup membantu walau kalau sudah terbiasa akan sangat gampang mencari gigi netral dari posisi gigi dua..karena pergantian gigi n250r sangat halus...bahkan lebih halus dari bebek...bandingkan dengan pergantian gigi pada KRR150 yang agak sedikit membutuhkan tenaga..dan trus terang sampai KRR 150 saya di lepas..saya belum bisa menemukan rumus tepat mencari gigi netral dari posisi gigi dua...(langsung loncat ke satu terus..) - Fitur engine cut off pada standar sampingnya menurut saya sangat bermanfaat..karena n250r hanya mengandalkan standar samping untuk mendirikan motor, sehingga otomatis konstruksi dan kelenturan standar samping n250r lebih keras dibanding motor lain...sehingga bila motor dijalankan dgn standar masih terbuka (jika feature engine cut off di disable) tidaklah mudah bagi standar samping untuk langsung menutup/menekuk jika terkena aspal...(jangan-jangan malah motor yang kejungkal karena standar samping ga mau nutup) - Dihilangkannya indikator top gear yg biasa terdapat di speedometer..membuat kita harus selalu mengingat posisi gigi yang sedang digunakan - Bobot yang berat dan tidak adanya handle bar menyulitkan kita pada saat menggeser dan memarkir motor...lihat ulasan saya pada sub forum..https://cyber-ninja250r.indonesianforum.net/safety-devensive-riding-f9/tips-menggeser-little-ninja-t67.htm - Jangan harap bisa parkir di parkiran biasa..kalau tidak mau repot menggeser motor sendirian....sebaiknya cari area yang lega sehingga kita bisa memarkir motor dengan leluasa tanpa harus menggeser motor apalagi sampai harus mengangkaat..amit amit Riding & handlingRiding position menjadi masalah krusial bagi sebagian rider...Kalo bro sekalian berniat untuk membawa n250r dalam long journey touring..siap-siap bawa fatigon karena riding position n250r tidak senyaman tiger, thunder, scorpio atau pulsar...tapi kalo untuk middle journey touring cukuplah...namun untuk riding dalam kota dalam kecepatan middle sampai high speed..sangat ergonomis.. Handling cukup bagus..karena kelebihan motor berbobot berat adalah begitu mantap kala dibawa, baik dari segi handling maupun speednya..jadi kita tidak ragu-ragu pada saat riding di atas n250r, posisi badan yang mendekap erat tangki membuat kita enak saja mengajak n250r meliuk-liuk...belum lagi braking systemnya yang baik menurut saya ikut meningkatkan kepedean kita membejek gas n250r. Speed & SoundBagi saya yang terbiasa motor dua tak...agak sedikit heran (kalo tdk mau dibilang kecewa) atas tarikan awal n250r...begitu halus dan lembut layaknya vario berbeda dengan KRR 150 yang begitu galak walau gas kita buka sedikit. Sama halnya dengan suara awal knalpot yang sekilas sama persis dengan vario..tapi kalo kita rasakan lagi ada detakan yang tidak ada pada motor lokal lain, detakan dan deruman twin paralel DOHC 8 valves engine sangat khas dan mencirikan moge sejati....Bro sekalian jangan keburu kecewa...begitu gas kita buka terus....memang deruman agak berubah menjadi lengkingan dan begitu kita melewati rpm 6000 badan tertarik ke belakang dan n250r dengan enaknya melesat meninggalkan motor-motor lain. Ada satu hal yang menggembirakan menurut saya. Pada saat top gear dan saya lihat rpm di kitaran 5000...kecepatan sekitar 90 km/jam saya coba agak mengendurkan gas...biasanya pada motor lokal lainnya putaran dan kecepatan menurun dengan halus..tanpa efek engine brake, namun tidak demikian dengan n250r...pada saat kita mengendurkan gas di topgear...terjadi efek engine brake yang sangat terasa...hal ini menandakan bahwa nafas dan tenaga n250r masih banyak tersisa walaupun pada saat itu kita sudah dalam posisi top gear. Dengan kata lain bila gas kita buka kembali tanpa menurunkan gigi..n250r kembali melesat dengan sempurna. penasaran saya coba top gear pada kecepatan hanya 60 km/jam rpm 4000...kemudian saya buka grip gas tanpa menurunkan gigi....gila tidak ada efek knocking dan deselerasi..yang ada n250r melesat sempurna kembali meninggalkan motor lain... Fuel Consumptionnah pada bagian akhir ulasan dan yang paling sering ditanya orang adalah fuel consumption..seberapa banyak minumnya n250r ini. Pada hari senin pagi posisi jarum bensin saat diisi menunjukkan posisi tengah...saya coba isi seharga 50 rb pertamax (berarti sekitar 5.6 ltr). Kondisi jalan 15% macet, 30% jalan berlubang/ tidak rata lancar, 55% jalan mulus lancar. Selama tiga hari dengan kisaran jarak tempuh perhari 60 km..didapat total jarak tempuh 180 km...speed average yang saya dapat adalah 70 km/jam dengan kisaran putaran mesin di 5000 - 6000 rpm (ga berani lebih dari itu masih inrayen sih)..Kisaran fuel consumption yang saya dapat adalah 180/5.6 = 32.1 ltr atau 1 : 32 ..klaim pabrikan 1 : 30..tentu saja perhitungan saya tidak akurat(mau akurat mesti pake vericom). Itu dulu deh ulasan saya..mudah-mudahan berguna
Terakhir diubah oleh teja tanggal 23/6/2008, 09:19, total 1 kali diubah | |
|
| |
Aap Mayor Jendral
Number of posts : 383 Age : 50 Points : 0 Registration date : 22.05.08
| Subyek: Re: Little Ninja 30/5/2008, 11:03 | |
| Wah ... 60 km / hari ...?? hmmmm cukup menarik ..... saya rata2 40 km /hari..... jadi kalau rata-rata 1 : 32... still worth it... lah.... asumsi kasarku sih... dalam posisi standar semua, dan pemakaian sangat normal... ( max 5000 RPM ) bisa sekitar segituan lah.... sesuai klaim pabrik yang katanya bisa antara 1 : 30 s/d 1 : 35 Duh.. .makin ga sabar nih nyemplak ninjaku........ *) bro teja... dah dapet nomor plat nya yah ??? | |
|
| |
Admin Admin
Number of posts : 979 Age : 46 Lokasi : BuitenZorg Town Points : 102 Registration date : 20.05.08
| Subyek: Re: Little Ninja 30/5/2008, 22:03 | |
| Bro teja ... mohon Izin testimonynya gw re Post di Blog | |
|
| |
dede Brigadir Jendral
Number of posts : 78 Points : 12 Registration date : 22.05.08
| Subyek: Re: Little Ninja 31/5/2008, 19:27 | |
| BBM : Oke lah, tiger juga rada-rada mirip segitu-gitu aja Parkiran nih yang suka repot, tiger aja sering diangkat-angkat kalau mau keluar, apalagi ini ya.
tapi worth it lah, ya bro Teja? dilirik yang naik mobilnya itu..?? hehe
nunggu komen yang pake ban 150 ah. | |
|
| |
Guest Tamu
| Subyek: Re: Little Ninja 1/6/2008, 19:37 | |
| \@dede bukan dilirik lagi..dipelototin!! td sore 9w sempet keluar sebentar, sekalian manasin. ad bapak"naek motor ngikutin 9w terus, krn mungkin udeh ga sabar dy bilang "wah motor apa ni?? wah ninja ya??wah.." 9w senyum aj trus langsung pergi. itu mata orang pasti ngeliatin n250r. kalopun ad yg pura" ga ngeliat, setelah 9w ngelewatin tu orang, 9w ngeliat di spion tu orang langsung nengok kebelakang. yang di mobil aj ngeliatin n250r. sori ye ga nyambung ma postingnye, hehe.. |
|
| |
AKasmy Letnan Jendral
Number of posts : 991 Lokasi : Black N250R (JKT-SEL) Points : 17 Registration date : 20.05.08
| Subyek: Re: Little Ninja 1/6/2008, 21:09 | |
| - AZEL wrote:
- \@dede
bukan dilirik lagi..dipelototin!! td sore 9w sempet keluar sebentar, sekalian manasin. ad bapak"naek motor ngikutin 9w terus, krn mungkin udeh ga sabar dy bilang "wah motor apa ni?? wah ninja ya??wah.." 9w senyum aj trus langsung pergi. itu mata orang pasti ngeliatin n250r. kalopun ad yg pura" ga ngeliat, setelah 9w ngelewatin tu orang, 9w ngeliat di spion tu orang langsung nengok kebelakang. yang di mobil aj ngeliatin n250r. sori ye ga nyambung ma postingnye, hehe.. hihihihi | |
|
| |
dyanbecks Calon Jendral
Number of posts : 30 Age : 34 Lokasi : kebon jeruk Points : 7 Registration date : 28.05.08
| Subyek: Re: Little Ninja 2/6/2008, 22:46 | |
| bukan main, hehehe
motor yg karismatik bgt y.. hahahaa.. | |
|
| |
rante Brigadir Jendral
Number of posts : 89 Lokasi : Bogor Points : 0 Registration date : 01.06.08
| Subyek: Re: Little Ninja 3/6/2008, 07:07 | |
| | |
|
| |
Chris Brigadir Jendral
Number of posts : 62 Lokasi : Medan Points : 0 Registration date : 31.05.08
| Subyek: Re: Little Ninja 3/6/2008, 15:01 | |
| | |
|
| |
banderas Letnan Jendral
Number of posts : 510 Lokasi : Legian - Bali Points : 23 Registration date : 31.05.08
| Subyek: Re: Little Ninja 3/6/2008, 19:49 | |
| | |
|
| |
rante Brigadir Jendral
Number of posts : 89 Lokasi : Bogor Points : 0 Registration date : 01.06.08
| Subyek: Re: Little Ninja 4/6/2008, 06:45 | |
| - banderas wrote:
- kalo posisi ente persis di sblh kanan kemudi dia, trus ente keluarin tulisan ailobyu,
gw jamin.. ngga' cuma dilirik bro, tp dipelototi setelah di pelototin baru di timpuk pake akua botol sambil teriak sering2 check up ya mas.... whhuhuuakakakakakak (Kidding mode on).. hee | |
|
| |
dede Brigadir Jendral
Number of posts : 78 Points : 12 Registration date : 22.05.08
| Subyek: Re: Little Ninja 10/6/2008, 09:04 | |
| pasti banyak yang ngikutin dah.. pada pengen liat dari deket. saya saja waktu pertama kali liat ada ninja ini nagkring di depan warung tenda, ampe bela-belain turun dari motor.. pura-pura mau beli makan.. hehe
padahal cuma pengen denger bunyinya, sama liat yang punya.. hehehehehe | |
|
| |
Admin Admin
Number of posts : 979 Age : 46 Lokasi : BuitenZorg Town Points : 102 Registration date : 20.05.08
| Subyek: Re: Little Ninja 11/6/2008, 13:37 | |
| - dede wrote:
- pasti banyak yang ngikutin dah.. pada pengen liat dari deket.
saya saja waktu pertama kali liat ada ninja ini nagkring di depan warung tenda, ampe bela-belain turun dari motor.. pura-pura mau beli makan.. hehe
padahal cuma pengen denger bunyinya, sama liat yang punya.. hehehehehe Hua ha ha ha...segitunya... | |
|
| |
teja Super Moderator
Number of posts : 610 Lokasi : Depok - Jabar Points : 1 Registration date : 22.05.08
| Subyek: Little Ninja - first Touring 25/6/2008, 08:09 | |
| Sabtu 21 Juni 2008, 9.30 WIB- Start Your EngineHari ini berencana membawa ninja utk touring ke Cilember via Jonggol Cikalong. Berangkat Dari Rumah di daerah Sawangan sekitar pukul 9.30 pagi dengan meeting point pertama di SPBU Petronas Cibubur. Sesampai disana sudah ada Lima Motor menunggu (80 motor lainnya sudah beangkat lebih dahulu), Dua Tiger, Satu Thunder, Satu Sonic dan satu Mio. Karena Mengejar rombongan utama, maka rombongan kecil saya bergerak agak cepat menembus kemacetan sepanjang cibubur-mekarsari..selepas mekarsari jalan mulai lenggang dan kami dapat sedikit mengembangkan kecepatan. Namun kecepatan Mio yang terbatas ditambah rider Mio yang buta jalan…memaksa kami untuk menahan kecepatan sekitar 80 km/jam saja..(kasihan Mionya terlihat ngos-ngos-an). Perjalanan menuju Meeting Poin kedua di SPBU Cikalong sungguh sebuah perjalanan yang menyenangkan…jalanan halus dgn hamparan sawah di kiri dan kanan. Ninja terlihat enjoy menikmati perjalanan, walau N250R ini membawa dua orang (kebetulan istri saya bertugas sebagai boncenger). Saya memposisikan ninja back and forth..dlm artian kadang posisi ninja di belakang utk mengawal sang Mio kadang di tengah untuk menjaga jangan sampai terjadi gap dlm rombongan, kadang di depan untuk memancing motor lain agar meningkatkan laju kendaraannya. Handling dan braking system terasa cukup mumpuni. Hanya saja ada satu yang saya lupa..membawa penutup kuping, suara knalpot 2 bros racing selama satu jam perjalanan cukup membuat kuping serasa pekak… Sabtu 21 Juni 2008, 11.00 WIB- Second Meeting PointMeeting poin kedua sudah terlampaui dan kami sudah bergabung dengan rombongan utama (total 86 motor konfigurasi motor bebek sekitar 80%). Rute Cikalong – Ciloto (Jln Raya Puncak)..tidak bisa dibilang rute yang nyaman, bagaimana tidak, rute yang diambil merupakan jalan alternative menuju Ciloto dan dalam kondisi sedang dalam tahap perbaikan di beberapa ruas, bahkan ada ruas-ruas jalan yang hanya berupa jalan tanah mendaki…disela dengan jalan aspal yang baru sebatas tebaran kerikil. Dengan Kondisi seperti ini memaksa ninja berjalan perlahan (takut fairing kena batu)…Ini sih jalanannya KLX 250 dalam hati saya… Jalur Cikalong-Ciloto...membelah bukit dgn kondisi jalan yg kurang bagusNamun selepas Ciloto-Jln Raya Puncak yang beraspal mulus sang ninja kembali menemukan habitatnya..jalan mendaki menuju puncak pass bukan halangan bagi ninja…Selepas Puncak Pass..jalur murni downhill..nah kehebatan engine brake dan cengkeraman ban BT45 diuji kali ini. Sengaja saya menjaga kecepatan di 90 km/jam (membuat ninja menyodok sampai di belakang mobil Patwal) sekaligus mencoba handling ninja dikelokan jalur puncak…Walaupun dalam kondisi berboncengan..menikung rebah bukan jadi masalah…braking system cukup terbantu dengan engine brake ninja…BT45 140 belakang dan 110 depan terlihat memberikan sumbangan yang baik dalam menjaga traksi ninja agar tetap menempel pada aspal jalur puncak. It’s Fun…saya berpikir jikalau saja rombongan N250R yang melakukan hal ini sungguh-sungguh lebih menyenangkan (Up hill dari Bogor sampai Cianjur, kemudian kembali ke bogor – Down hill). Kembali komplain pekak kuping terjadi di jalur ini… Selepas Ciloto...diantara kerumunan motor lainDownhill di jalur puncak...nikmat bro...Sabtu 21 Juni 2008, 14.00 WIB- Cilember Target PointFokus saya sebenarnya lebih pada saat perjalanan menuju target poin, sehingga tidak ada hal istimewa yang bisa saya ceritakan. Hanya saja wisata ke Curug Cilember dan merendam kaki di dasar air terjun...sungguh suatu obat mujarab penghilang rasa pegal sebagian peserta touring di curug cilember..saya pada posisi terdepan(t-shirt abu-abu)Slowrace..bagian acara malamMinggu 22 Juni 2008, 5.30 WIB – Going HomePerjalanan pulang saya lebih memilih untuk pulang lebih awal terpisah dari rombongan, dengan pemikiran grup yang lebih sedikit membuat perjalanan akan lebih nyaman dibandingkan ikut dengan grup besar. Small group kali ini hanya diikuti oleh tiga rider, N250R, Tiger, dan lagi-lagi Mio. Downhill dari Cisarua ke Pajajaran Bogor dilalui dgn mulus karena praktis kami hanya menempuh jalan lurus saja..apalagi pagi hari ini jalanan masih teramat lenggang..Walaupun bukan jalur yang sulit dan tidak pada kecepatan tinggi (average speed 80 km/jam)…lagi-lagi Mio terlihat kelelahan dan selepas Kemang-Cimanggu, kami berhenti sejenak untuk memberi minum Mio (kecilnya kapasitas tangki serta kecepatan yang dicapai utk mengimbangi ninja membuat mio cepat kehabisan bensin). Satu jam kemudian ninja sudah kembali terparkir manis di rumahnya…. Catatan 1. Jika perjalanan dilakukan dari Cibubur-Cilember via Jonggol, Cianjur, Cipanas tentu akan lebih menantang lagi. 2. Deruman Knalpot 2Bros selama perjalanan ternyata cukup memekakkan telinga sehingga dirasa perlu memakai penutup kuping 3. Untuk mengajak Ninja Touring sebaiknya dilakukan dalam jumlah yang tidak begitu banyak( 6 – 10 motor per rombongan) dan paling tidak bersama dengan motor-motor seperti tiger atau sekelasnya (tidak disarankan bersama motor bebek atau matik). Hal ini bertujuan agar ninja dapat berlari secara efektif dan mengurangi dampak pegal punggung | |
|
| |
Admin Admin
Number of posts : 979 Age : 46 Lokasi : BuitenZorg Town Points : 102 Registration date : 20.05.08
| Subyek: Re: Little Ninja 25/6/2008, 09:27 | |
| Minta ijin bro teja buat publish di blog | |
|
| |
teja Super Moderator
Number of posts : 610 Lokasi : Depok - Jabar Points : 1 Registration date : 22.05.08
| Subyek: Re: Little Ninja 25/6/2008, 09:53 | |
| - Admin wrote:
- Minta ijin bro teja buat publish di blog
mangga Kang di sedot buat blog | |
|
| |
Admin Admin
Number of posts : 979 Age : 46 Lokasi : BuitenZorg Town Points : 102 Registration date : 20.05.08
| Subyek: Re: Little Ninja 26/6/2008, 22:49 | |
| - teja wrote:
- Admin wrote:
- Minta ijin bro teja buat publish di blog
mangga Kang di sedot buat blog hatur nuhun kang ...wuiss tambah ngetob iyeuuuh bro teja | |
|
| |
Heinz Letnan Jendral
Number of posts : 606 Age : 41 Points : 410 Registration date : 28.07.08
| Subyek: Re: Little Ninja 3/8/2008, 20:18 | |
| | |
|
| |
Aguzzz Mayor Jendral
Number of posts : 390 Age : 48 Lokasi : BSD Tangerang Points : 240 Registration date : 29.09.08
| Subyek: Re: Little Ninja 2/10/2008, 22:38 | |
| nice report too.... btw, untuk kecengkraman di jalanan, mana yang lebih tangguh? Bt 45, 90 ato 92? & mana yang lebih mahal? | |
|
| |
Sponsored content
| Subyek: Re: Little Ninja | |
| |
|
| |
| Little Ninja | |
|