| Inrayen (Break In) | |
|
+89mr47 Vloser AdityaMohammad Savio Joe_morello Andrie Fahmi bintangz yogasan New Rider ShiaoLong ninjamerah Bimorj F1ZGRAND rio_ninjer's Dudutz sweetninja thedjani Innori wahwahyuyu nichie blindkick leeshaoran J3ngGoD malangcoret suhendra88 ferrynd2004 andro84 ade77 shendra benilife dandi.alamsyah assasin hehemampus Belajar_NakaL Denis19 botakz ariefz greenkawi Andez Mei- cat-boy dhetz EBN bondhi toger_ct20 the_bijih rb_vv_4ever teddy g icansm2c zaloefirst Pandapotan H and I eboyze Rachmat Adi agungde13 ryan_bayu Libertad-Democratic brondongijo jimmy.doni kenichi dit_o freeanttoo arantan ahimawa ofik dark_knight dE taiPaN victorlego owat95 Heinz dj_oevan Jimmy B c43sy 12yan redseDuction ti71ti Kalem suhud denysumantri demonlord gabby2007 cipto dukun2 yopie lo teja Chris marco17th abdi zka AKasmy 93 posters |
|
Saya Pilih Teknik Inrayen... | 1. Saya ikutin petunjuk sesuai buku manual (teknik by the book)... | | 24% | [ 45 ] | 2. Saya pake biasa, tancap gas (diluar anjuran Kawi)... | | 61% | [ 115 ] | 3. Waduh... saya masih bingung mau ikutin yang mana... | | 15% | [ 30 ] |
| Total Suara : 190 | | |
|
Pengirim | Message |
---|
andro84 Letnan Jendral
Number of posts : 656 Age : 39 Lokasi : Cibubur-JakSel Points : 682 Registration date : 19.12.09
| Subyek: Re: Inrayen (Break In) 4/1/2010, 00:02 | |
| Ni km dah mau 400, kmaren bru aja gw sikat sampe 130+km/h, yang pasti diatas 9000rpm mantap banget.. huehehehehe... ga tau nih gimana kelanjutannya... rencana km400 mau service perdana, mudah2an ga da knapa2 Trus mau langsung dyno jg Tar kabar selanjutnya gw post setelah service + dyno | |
|
| |
ferrynd2004 Calon Jendral
Number of posts : 44 Age : 44 Lokasi : indonesia raya Points : 52 Registration date : 23.01.10
| Subyek: Re: Inrayen (Break In) 31/1/2010, 07:22 | |
| sesuai prosedur ajaa deh bro.. | |
|
| |
suhendra88 Letnan Jendral
Number of posts : 732 Age : 35 Lokasi : pekanbaru Points : 754 Registration date : 19.01.10
| Subyek: Re: Inrayen (Break In) 8/2/2010, 23:44 | |
| klu g lebih prefer yg pertama.. karena kasihan lah mesinnya, baru keluar dari pabrik dah langsung digeber2.. ibarat klu kita berenang, klu gk pemanasan atau perenggangan kan bisa2 keram ntar.. tp klu untuk sekali2 boleh la di geber ampe 10rb.. asal jgn lewat red aja.. rawatlah motor kita seperti diri kita sendiri... | |
|
| |
malangcoret Letnan Jendral
Number of posts : 641 Age : 38 Lokasi : Malang (Turen-Lawang) Points : 659 Registration date : 20.08.09
| Subyek: Re: Inrayen (Break In) 9/2/2010, 15:51 | |
| haha..ninja g enak kalo pelan...hajar dah pokoknya... | |
|
| |
andro84 Letnan Jendral
Number of posts : 656 Age : 39 Lokasi : Cibubur-JakSel Points : 682 Registration date : 19.12.09
| Subyek: Re: Inrayen (Break In) 9/2/2010, 16:05 | |
| | |
|
| |
suhendra88 Letnan Jendral
Number of posts : 732 Age : 35 Lokasi : pekanbaru Points : 754 Registration date : 19.01.10
| Subyek: Re: Inrayen (Break In) 10/2/2010, 14:07 | |
| | |
|
| |
J3ngGoD Mayor Jendral
Number of posts : 208 Age : 41 Lokasi : Bekasi Barat Points : 211 Registration date : 12.02.10
| Subyek: Re: Inrayen (Break In) 13/2/2010, 02:02 | |
| mending langsung tancapp gas aj hehehe.. Salam kenal semuanya | |
|
| |
leeshaoran Brigadir Jendral
Number of posts : 137 Age : 33 Lokasi : Bandung Points : 152 Registration date : 16.01.10
| Subyek: Re: Inrayen (Break In) 15/4/2010, 19:55 | |
| klo pake cara yg pertama ganti oli stiap brp km gan?? | |
|
| |
blindkick Mayor Jendral
Number of posts : 217 Age : 40 Lokasi : magelang-wates-jogja-magelang Points : 221 Registration date : 13.04.10
| Subyek: Re: Inrayen (Break In) 26/4/2010, 15:46 | |
| waaaa baca dari hal 1 sampai 11 masih bingung juga nih mana yang bener......tapi masih ada waktu 1 minggu lagi buat matengin mana jalan yg benar (wakakaka) nunggi il rosso lom datang2......ngimpi muluuuuuu.... | |
|
| |
nichie
Number of posts : 9 Age : 36 Points : 9 Registration date : 29.04.10
| Subyek: Re: Inrayen (Break In) 1/5/2010, 00:52 | |
| yg normal aja... lewat2 dikit dari aturan ga pa2, dari pada efek jangka panjangnya aaayyoooo,,,, sekarang blom kerasa,,,, nanti baru tau wkwkwkwk | |
|
| |
blindkick Mayor Jendral
Number of posts : 217 Age : 40 Lokasi : magelang-wates-jogja-magelang Points : 221 Registration date : 13.04.10
| Subyek: Re: Inrayen (Break In) 5/5/2010, 08:55 | |
| hari pertama sesuai buku banget jalan 40KM pegel semua badan rasanya....huhauha....
hari kedua...wa naikin dikit tapi ga lebih dari 7k rpmnya...jalan terus ampe 280KM yah lumayanlah dari pada hari pertama..... | |
|
| |
wahwahyuyu Letnan Jendral
Number of posts : 817 Age : 37 Lokasi : yogyakarta berhati Nyam-Nyam Points : 816 Registration date : 14.02.10
| |
| |
Innori Calon Jendral
Number of posts : 31 Age : 40 Points : 33 Registration date : 05.05.10
| Subyek: Re: Inrayen (Break In) 9/5/2010, 22:38 | |
| hari pertama sekaligus 120 km pertama rpm 6000 di speed 80 kpj, bensin premium, berarti masuk cara ke berapa nech? | |
|
| |
thedjani Brigadir Jendral
Number of posts : 56 Age : 39 Lokasi : dago asri bandung Points : 58 Registration date : 06.04.10
| Subyek: Re: Inrayen (Break In) 13/5/2010, 00:27 | |
| wah wah... kl saya normal saja ikutin petunjuk hehehe tapi ane mw nanya ni..kl pemakaian ninja baru 13 harian udh 350km gtu..normal gak y..sebaik na gmn y..tolong pencerahan nya..trims | |
|
| |
sweetninja Brigadir Jendral
Number of posts : 104 Age : 40 Lokasi : Cibinong, Bogor Points : 111 Registration date : 24.10.09
| Subyek: Re: Inrayen (Break In) 13/5/2010, 08:49 | |
| ane dulu waktu msh inreyen gak lebih dari RPM 4000. meskipun jalan dari mega kuningan ke bogor jam 3 malem. harus sabar, demi performa jangka panjang. kalo sekarang udah geber ampe RPM 14000. | |
|
| |
Innori Calon Jendral
Number of posts : 31 Age : 40 Points : 33 Registration date : 05.05.10
| Subyek: Re: Inrayen (Break In) 18/5/2010, 20:20 | |
| Ini ane copas dari blognya mas Ilham bro tentang inreyen (sekarang blognya dah nggak aktif tp doi dulu blogger motor nomor satu)
Inreyen Motor Baru, Geber Aja Lagi!!!
Inreyen atau break-in motor baru saat ini masih saja menjadi isu penting. Wajar saja sebab terkait dengan masa depan mesin, baik kecepatan maupun kekuatannya. Lantas bagaimana mestinya proses ini dilakukan?
Kebanyakan orang berasumsi bahwa perlakuan terhadap motor baru harus ekstra hati-hati. Terutama agar mesin baru yang dipakai nantinya akan benar-benar berperforma optimal dan berdaya tahan lama. Tidak heran jika mereka berusaha membawa motor secara pelan-pelan.
Pandangan demikian tidak sepenuhnya salah. Namun juga tidak bisa dibenarkan begitu saja. Untuk motor yang baru saja oversize atau bore up, memang dianjurkan cara demikian. Maklum saja proses yang dilakukan bengkel belum sepresisi buatan pabrik sehingga belum tentu “bersih” betul. Nah bagaimana dengan motor baru?
Motor baru saat ini tidak lagi seperti motor pada zaman dahulu. Teknologi yang dikembangkan dalam divisi produksi dan yang dirakit di jalur asembli membuat mesin kini jauh lebih presisi dibanding pada motor era sebelumnya. Teknologi pembuatan silinder sudah demikian bagusnya. Dari sisi metalurgi pun kini lebih bagus. Apalagi untuk mesin-mesin berperforma tinggi. Penggunaan silinder DiAsil atau lapisan penguat lainnya sudah menjamin kualitas bahkan sebelum motor keluar dari pabrik.
Di samping itu pengujian sebelum barang dilempar ke pasar sudah lebih lama. Mulai dari dyno test hingga test ride di trek pengujian pabrik. Singkatnya, sudah ada perbaikan pada prosedur teknis produksi sebelum sampai ke tangan konsumen. Hampir-hampir konsumen terima beres saja. Tinggal bayar cash, lalu tancap gas!!!
Perubahan ini menuntut pula perubahan prilaku dalam mem-break-in sebuah motor. Pada masa-masa inreyen ini, motor baru memang tetap saja tidak boleh diberi beban berat. Misalkan saja, anda tidak boleh berboncengan dulu. Jangan pula bawa barang berat apalagi jika memang tidak perlu. Tapi urusan bawa motor, silahkan geber. Rem lalu geber lagi. Akselerasi-deselerasi-akselerasi. Demikian seterusnya.
Kebiasaan lama untuk mempertahankan motor pada kecepatan konstan sekian lama tidak diperlukan lagi. Tidak perlu memainkan gigi satu di putaran 20-30 km per jam, gigi 2 di 30-40, lalu gigi 3 di 40-50. Tidak perlu pula step-step dan jaga kecepatan semacam itu. Malah membahayakan kesehatan mesin karena bisa memicu over heating dan merontokkan mesin. Para tuner masa kini malah menyarankan langsung geber. Gunakan kecepatan untuk memaksimalkan proses pembersihan mesin dari serbuk metal sebelumnya. Lagi pula jangan khawatir, kali ini serbuknya jauh lebih halus.
Di samping itu jangan ragu untuk menggunakan engine brake. Engine brake adalah proses di mana pengendara menutup gas dengan cepat sehingga mesin ikut membantu deselerasi. Ini akan membantu proses “belah” duren alias melicinkan proses inreyen. Jadi bertentangan dengan sikap sejumlah biker yang menghindari engine brake karena takut mesin rusak, di sini malah dianjurkan.
Para tuner di mototuneusa.com memberi petunjuk teknis lebih jauh tentang break-in. Break-in bisa dilakukan bukan hanya di jalan. Bisa juga dilakukan di atas mesin dyno dengan teknik-tekniknya sendiri. Dengan kecepatan mesin tertentu dan permainan gas pada step-step tertentu. Begitu pula di sirkuit. Pembalap biasa menggeber, mengerem, dan meliuk lalu geber lagi. Tak ada masalah di sana dan sejauh ini motor-motor mereka jauh lebih handal…
Namun demikian, anda perlu dibekali sedikit catatan sebelum geber.
Pertama, hati-hati dan jangan asal geber. Siapkan diri anda untuk jalan di antara lalu lintas sekitar. Pilih saja jalan yang anda hafal dan lebih sepi. Jika anda baru saja mampu mengendarai motor, sebaiknya inreyen diserahkan ke kerabat yang lebih mahir. Ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, seperti menabrak orang, terjatuh, atau motor rusak karena salah geber.
Kedua, setiap hendak melakukan break-in, jangan lupa memanaskan mesin secukupnya. Tanpa pemanasan yang cukup break-in tidak akan maksimal dan membahayakan mesin. Dengan melakukan break-in yang benar, kekurangan pada sisi manufacturing barang dan perakitan akan terungkap. Cacat produk tidak akan tersembunyi. Karena cacat produksi bagaikan kanker. Semakin disembunyikan semakin membahayakan. Anda tidak ingin memelihara penyakit bukan?
So, jangan ragu lagi. Cari model, sediakan uang, dan bersenang-senanglah!!! | |
|
| |
Dudutz Calon Jendral
Number of posts : 33 Age : 33 Points : 43 Registration date : 19.05.10
| Subyek: Re: Inrayen (Break In) 24/5/2010, 19:41 | |
| | |
|
| |
rio_ninjer's Brigadir Jendral
Number of posts : 86 Age : 36 Lokasi : Bumi Surabaya Points : 96 Registration date : 16.06.10
| Subyek: Re: Inrayen (Break In) 22/6/2010, 10:32 | |
| Mending pake cara kedua kayaknya....biar mesin gak manja kalo dari awal gak d biasahin kenceng,ntar kalo d ajak kenceng malah lelet...... Aku lihat rata-rata ?ª?? inreyen sesuia buku pedoman pada akirnya motornya kalah ngaciir d banding dengan ?ª?? inreyen tapi udah d geber...... | |
|
| |
F1ZGRAND Brigadir Jendral
Number of posts : 94 Age : 39 Points : 106 Registration date : 11.05.10
| Subyek: Re: Inrayen (Break In) 29/6/2010, 14:12 | |
| cara kedua break in ....maknyoss...DNA motor balap...perlakukan Ninin layaknya motor balap.... wkwkwkwkw
| |
|
| |
Bimorj Letnan Jendral
Number of posts : 890 Age : 32 Lokasi : BSD,SERPONG,TANGERANG Points : 983 Registration date : 26.06.10
| Subyek: Re: Inrayen (Break In) 1/7/2010, 12:55 | |
| kalo gw ambil tngahnya aja, gw maen di putaran tengah,paling tinggi pling 8000 rpm,lumayan bwt inrijen kalo gigi 6 rpm segitu udah 100 km/h,yg penting kalo bru gas ma rem jangan dikagetin. | |
|
| |
ninjamerah Calon Jendral
Number of posts : 45 Age : 34 Points : 51 Registration date : 07.06.10
| Subyek: Re: Inrayen (Break In) 3/7/2010, 04:02 | |
| hidup cara kedua...
ane juga sering banget denger kata -kata orang yang uda pengalaman
masa inrayen hajar aja soalnya kalo di bawa santai ntar malah motornya jadi lelet ..hehe
ane sih uda nyikat ampe 12000 di gigi satu n di gigi 2 sisanya paling ampe 10rb
sampe skrg si ngada masalah hehe tapi baru jalan 40 km sih belum tau juga kedepannya gmana muda-mudahan ngada masalah | |
|
| |
ShiaoLong Mayor Jendral
Number of posts : 314 Age : 33 Lokasi : BSD City Points : 337 Registration date : 09.06.10
| Subyek: Re: Inrayen (Break In) 11/7/2010, 13:31 | |
| Btw guys, gw mau nanya deh... gw juga pake cara break in cara kedua... sekarang posisi km 450 dan masih pake oli pabrikan (belum ganti oli dari beli) nah gw selalu bawa ninin di 100-120 kmph rpm sekitar 8an, nah prosedur ganti oli yang baik buat cara ngendarain kayak gw gini gmn ya? mohon bantuannya brader2 | |
|
| |
Tamu Tamu
| Subyek: Re: Inrayen (Break In) 11/7/2010, 14:36 | |
| penggantian oli pertama kali si lebih cepat lebih bagus, karena pasti banyak metal partikel di dalam oli, takutnya kontaminasi kemana2, kalo yg kedua dan seterusnya si ga masalah |
|
| |
ShiaoLong Mayor Jendral
Number of posts : 314 Age : 33 Lokasi : BSD City Points : 337 Registration date : 09.06.10
| Subyek: Re: Inrayen (Break In) 11/7/2010, 14:46 | |
| - ROAD RUNNER wrote:
- penggantian oli pertama kali si lebih cepat lebih bagus, karena pasti banyak metal partikel di dalam oli, takutnya kontaminasi kemana2, kalo yg kedua dan seterusnya si ga masalah
Waduh... brarti hari senin langsung service pertama deh... thank you brooo | |
|
| |
New Rider Brigadir Jendral
Number of posts : 177 Age : 44 Lokasi : Bandung Points : 175 Registration date : 30.07.10
| Subyek: Re: Inrayen (Break In) 22/8/2010, 19:16 | |
| Hajaarrrr bleeehhhhhhhhhhh........ Tancap gaaasssssss............... | |
|
| |
Sponsored content
| Subyek: Re: Inrayen (Break In) | |
| |
|
| |
| Inrayen (Break In) | |
|