Kayanya setelan karbu motor lu kebasahan banget,
sharing aja ,kalau wa nyetting karbu , coba jalanin motor (dijalanan yang kosong ya ) , masukin gigi ke 2 or 3 , pantengin gas maks 1/3 putaran !!! , liat rpm nya manteng diberapa ?
kalau 6000 - 7000 , itu udah enak , kalau rpmnya naik trus artinya pilot jet lu kekecilan(kering) naikin pj nya satu ukuran trus ulangin lagi . dan kalau rasanya mesin brebet dan rpm belum di 7000 , itu biasanya kebasahan , turunin pjnya satu ukuran. ulangi proses ini sampai motor benar-benar enak (masalahnya ini ninja 250 , repot nyettingnya / salah bongkar sampai karet vakum bolong , kluar duit lumayan lho )
kalau test mj nya , motor distandar samping , nyalain mesin , geber , liat rpmnya kalau nyampe limiter ,turun dan rasanya naik terus sampe nyundul limiter lagi dengan cepat itu artinya mj lu ke keringan , tapi kalau nyampe limiternya susah benar , itu biasanya mj lu ke basahan (kegedean ).
kalau liat spek motor std , cuma ganti knalpot slipon , harusnya ngak usah ganti apa-apa masih enak banget (memang cenderung kering tapi motor rasanya enteng / I prefer this kind of setting )
tapi kalau yang hobby balap , biasanya senang sama settingan pj basah (PJ naik satu step jadi ukuran 40 ) , mesin rasanya padat , tapi rpm naiknya lambat & kalau digigi 2 or 3 gas ditarik trus dilepas , knalpot akan kedengaran pop , pop, pop (bukan duar ya itu mah kebasahan banget !!! ) ,settingan kaya gini biasanya diimbangi dengan pengantian gir yang lebih enteng (gir belakang lebih besar or gir depan lebih kecil kalau balap lurus ya
) , enaknya settingan basah , kalau lagi narik ada "rasa" didorong , terutama kalau oper gigi , beda sama settingan kering yang cenderung "flat" naiknya .
kalau saran wa sih , baiknya motor U dibawa kebengkel yang memang biasa megang ninja 250 , paling bayar ongkos setting , lebih aman dan nyaman .