| Forum Ninja 250R Community |
| | Busi standart better than Irridium | |
|
+4Bimorj leowsy db_imoetz dh1904 8 posters | Pengirim | Message |
---|
dh1904 Letnan Jendral
Number of posts : 758 Age : 47 Points : 1106 Registration date : 25.04.10
| Subyek: Busi standart better than Irridium 19/1/2011, 00:35 | |
| Bro...kata orang bengkel kl pake busi irridium lebih cepat mati. Kata-nya lbh baik pake yg standart aja. Apa benar bro ??? Katanya umur irridium lebih lama, tp knp lbh cepat mati. | |
| | | db_imoetz Mayor Jendral
Number of posts : 483 Age : 37 Lokasi : Graffity_miniMART Points : 524 Registration date : 08.08.10
| Subyek: Re: Busi standart better than Irridium 19/1/2011, 10:29 | |
| - dh1904 wrote:
- Bro...kata orang bengkel kl pake busi irridium lebih cepat mati.
Kata-nya lbh baik pake yg standart aja. Apa benar bro ??? Katanya umur irridium lebih lama, tp knp lbh cepat mati. Hm .. umur busi iridium sbnrnya jauh lebih lama dibanding busi standar br0' dgn bahan nickel,dll .. jd ga bener klo dibilang busi iridium/platinum lbh cepet habis masa pakainya .. Sbnrnya pake busi iridium/platinum lbh banyak untungnya, seperti performa meningkat wlopun tidak signifikan (jd jgn berlebihan ekspektasinya yah), masa pakai lbh lama,ukuran minimal penggantian busi iridium dr Denso aja di 35rb Miles alias lebih dr 55rb KM , pembakaran sempurna (jarang bgt ada deposit karbon di tip busi even' settingan agak rich) jd bsa dibilang ini busi mah maintenance-free, udah gtu ujung2nya bensin bsa lbh irit (tp ga signifikan jga efeknya) krn gas jd enteng,diplintir dikit,ud ngacir .. hehe harganya tp mahal br0' .. haha siapa bilang,di kisaran 100rb utk 1busi tipe iridium atau kisaran 30rb utk busi platinum masa dibilang mahal dgn segudang keunggulan .. | |
| | | leowsy Letnan Jendral
Number of posts : 506 Age : 49 Points : 480 Registration date : 25.02.09
| Subyek: Re: Busi standart better than Irridium 19/1/2011, 17:44 | |
| pengapian ninja 250 itu kan pake TCI standarnya. jadi seperti mobil disarankan pake busi yang ada resistor didalamnya. busi iridium setau ane resistansinya lebih kecil dari standard. makanya umurnya lebih pendek dari ori | |
| | | db_imoetz Mayor Jendral
Number of posts : 483 Age : 37 Lokasi : Graffity_miniMART Points : 524 Registration date : 08.08.10
| Subyek: Re: Busi standart better than Irridium 19/1/2011, 20:02 | |
| - leowsy wrote:
- pengapian ninja 250 itu kan pake TCI standarnya.
jadi seperti mobil disarankan pake busi yang ada resistor didalamnya. busi iridium setau ane resistansinya lebih kecil dari standard. makanya umurnya lebih pendek dari ori Newbie boleh ralat yaH .. Justru busi dgn bahan tip iridium/silver/platinum,dll .. punya resistansi lebih besar .. knapa yuks kita lihat perbandingannya,dibawah ada busi2 dgn tip platinum,iridium,silver,dll .. Kesimpulannya nilai resistansi dr busi2 diatas adalah:Perhatikan yah itu satuannya kilo ohm ntar silahkan di convert ke satuan ohm jd brapa .. tinggal x 1000 aja Nahh skr ini yg busi2 tipe standar nilai resistansinya :Udah tau kan skrg,klo busi iridium justru lbh tinggi resistansinya, lha truss kok resistansi lbh tinggi,malah meng-claim busi tsb apinya lbh besar .. Inget,busi dgn tip iridium,dll biasanya pnya tip dgn ukuran nol koma mm, dgn aplikasi resistansi yg besar,maka api yg dihasilkan busi bisa lbh fokus ke satu titik .. jd wlopun sbnrnya udah dikurangin alirannya tp tetap aja percikan api busi iridium lbh besar, beda dgn busi std yg resistansi kecil + ujung tip lebar,akibatnya memank api besar cman ga fokus alias mbleber ke mana-mana,jd ya percuma jga .. Klo mau dikasih contoh lbh gampang, sama aja kek kompor terbaru jaman skr yg menghasilkan api lbh fokus,ujung2nya penggunaan gas justru lbh irit krn masakan lbh cepat matang. Coba pake kompor minyak,udah apinya gede tp buyar ke mana-mana,selain boros krn ga fokus,jga bikin item panci krn apinya mbleber .. wakkawkwakaw .. masalah resistansi sbnrnya ga ada hubungan/urusannya sama masa pakai busi,melainkan penggunaan sistem pengapiannya, contohnya: dgn sistem MULTI IGNITION COIL atau DISTRIBUTORLESS, COCOK menggunakan busi berkode R, lantaran Tegangan/Daya Listrik cukup besar sekalipun diSUNAT oleh Suppression Resistor busi, | |
| | | dh1904 Letnan Jendral
Number of posts : 758 Age : 47 Points : 1106 Registration date : 25.04.10
| Subyek: Re: Busi standart better than Irridium 19/1/2011, 20:41 | |
| waduh banyak juga yach masukan-nya. Jadi banyak ilmu nih. Cuma banyak yang bilang kl setting-an ngak benar, bisa mempengaruhi umur busi. Apalagi kl setting-an terlalu banjir.
Bro...dengan kondisi mesin standard,bagus ngak kl pake irridium. Banyak yang bilang ngak ngaruh kecuali udah ganti koil, cdi dsb.
| |
| | | Bimorj Letnan Jendral
Number of posts : 890 Age : 31 Lokasi : BSD,SERPONG,TANGERANG Points : 983 Registration date : 26.06.10
| Subyek: Re: Busi standart better than Irridium 19/1/2011, 21:42 | |
| @ dh1904, kalo di mobil ia bro, contoh udah ganti kabel busi, PnP, Hi-comp, apalagi kalo udah pake Turbo. tapi kayaknya kalo di Ninin juga berlaku. CMIIW @db_imoetz, hahaha gw suka ma analoginya, busi diibaratkan dengan kompor minyak.., ada2 aja | |
| | | leowsy Letnan Jendral
Number of posts : 506 Age : 49 Points : 480 Registration date : 25.02.09
| Subyek: Re: Busi standart better than Irridium 19/1/2011, 22:14 | |
| - db_imoetz wrote:
Newbie boleh ralat yaH ..
Justru busi dgn bahan tip iridium/silver/platinum,dll .. punya resistansi lebih besar .. knapa yuks kita lihat perbandingannya,dibawah ada busi2 dgn tip platinum,iridium,silver,dll ..
Kesimpulannya nilai resistansi dr busi2 diatas adalah:
Perhatikan yah itu satuannya kilo ohm ntar silahkan di convert ke satuan ohm jd brapa .. tinggal x 1000 aja
Nahh skr ini yg busi2 tipe standar nilai resistansinya :
Udah tau kan skrg,klo busi iridium justru lbh tinggi resistansinya, lha truss kok resistansi lbh tinggi,malah meng-claim busi tsb apinya lbh besar ..
Inget,busi dgn tip iridium,dll biasanya pnya tip dgn ukuran nol koma mm, dgn aplikasi resistansi yg besar,maka api yg dihasilkan busi bisa lbh fokus ke satu titik .. jd wlopun sbnrnya udah dikurangin alirannya tp tetap aja percikan api busi iridium lbh besar, beda dgn busi std yg resistansi kecil + ujung tip lebar,akibatnya memank api besar cman ga fokus alias mbleber ke mana-mana,jd ya percuma jga ..
Klo mau dikasih contoh lbh gampang, sama aja kek kompor terbaru jaman skr yg menghasilkan api lbh fokus,ujung2nya penggunaan gas justru lbh irit krn masakan lbh cepat matang.
Coba pake kompor minyak,udah apinya gede tp buyar ke mana-mana,selain boros krn ga fokus,jga bikin item panci krn apinya mbleber .. wakkawkwakaw ..
masalah resistansi sbnrnya ga ada hubungan/urusannya sama masa pakai busi,melainkan penggunaan sistem pengapiannya, contohnya: dgn sistem MULTI IGNITION COIL atau DISTRIBUTORLESS, COCOK menggunakan busi berkode R, lantaran Tegangan/Daya Listrik cukup besar sekalipun diSUNAT oleh Suppression Resistor busi, heheheh.... udah bandingin CR8E dengan iridium blom bro? kalo dari komparasi tadi kan untuk mobil punya. dan kalo liat perbandingannya material businya juga beda2, ada yg silver, iridium, platinum dll, nah yang standard tuh yang mana ya? kalo dilihat apa yang bro bilang diatas (bold) pengapian ninja kan TCI beda dengan pengapian CDI yang perlu busi dengan resistansi kecil untuk memperoleh performa. | |
| | | db_imoetz Mayor Jendral
Number of posts : 483 Age : 37 Lokasi : Graffity_miniMART Points : 524 Registration date : 08.08.10
| Subyek: Re: Busi standart better than Irridium 19/1/2011, 22:20 | |
| - Bimorj wrote:
- @ dh1904, kalo di mobil ia bro, contoh udah ganti kabel busi, PnP, Hi-comp, apalagi kalo udah pake Turbo. tapi kayaknya kalo di Ninin juga berlaku. CMIIW
@db_imoetz, hahaha gw suka ma analoginya, busi diibaratkan dengan kompor minyak.., ada2 aja weH .. oM Bimorj ganti avatar jd ga ngenalin .. yah kan itu klo mau digampangin,wekekeke .. - dh1904 wrote:
- waduh banyak juga yach masukan-nya. Jadi banyak ilmu nih.
Cuma banyak yang bilang kl setting-an ngak benar, bisa mempengaruhi umur busi. Apalagi kl setting-an terlalu banjir.
Bro...dengan kondisi mesin standard,bagus ngak kl pake irridium. Banyak yang bilang ngak ngaruh kecuali udah ganti koil, cdi dsb.
Nah klo masalah settingan emank bnr bisa mempengaruhi umur busi .. kek contoh yg br0' bilang dgn settingan rich/basah,biasanya busi bakalan fouling atau berwarna kehitaman yg ujung2nya kudu sering dibersihin,krn klo ngga,ya busi bsa mati krn ujung tip nya bsa ketutupan carbon .. Trus settingan lean/kering & normal pasti awet donkz businya ??Untuk settingan normal emank bnr,busi bakal awet atau sesuai umur ekonomisnya .. tapi settingan kering justru berbahaya bwat mesin dan busi krn busi bsa overheat,plg parah bsa sampe meleleh .. weeeW Trus gmana donkz,jd gw ga bsa pake settingan basah/kering ??Tergantung kondisinya br0' mtr kita bsa ttp dibikin basah settingannya tp tetap ada batasannya,krn fitur si busi iridium sendiri mampu mengurangi efek fouling pd tip busi even' settingannya dibikin basah sedikit .. tp klo busi biasa, biasanya dibikin agak rich dikit lgs item businya,ehehe .. << kek muka smiley' ini .. wakawkkwakaw .. Mau settingan kering jga hayuks,dgn catatan settingannya cman utk putaran bawah yah .. krn klo di putaran atas yg ada malah power kurang dan jga ga baik utk mesin apalg businya .. Kondisi std ga ada efek (-) nya kok pake busi iridium, Penggantian busi std ke iridium pun berasa kok wlopun hanya sedikit .. wlopun alasan utama saya misalkan ganti busi iridium semata-mata utk kemudahan maintenance,baru brikutnya performa .. hehe .. Kalau ada salah tolong diralat yaH .. :rol l: | |
| | | db_imoetz Mayor Jendral
Number of posts : 483 Age : 37 Lokasi : Graffity_miniMART Points : 524 Registration date : 08.08.10
| Subyek: Re: Busi standart better than Irridium 19/1/2011, 22:31 | |
| - leowsy wrote:
heheheh.... udah bandingin CR8E dengan iridium blom bro? kalo dari komparasi tadi kan untuk mobil punya. dan kalo liat perbandingannya material businya juga beda2, ada yg silver, iridium, platinum dll, nah yang standard tuh yang mana ya?
kalo dilihat apa yang bro bilang diatas (bold) pengapian ninja kan TCI beda dengan pengapian CDI yang perlu busi dengan resistansi kecil untuk memperoleh performa.
Perbandingan busi std yg CR8E / U24-FSU blom pnya,krn asumsi saya bahan dasar busi std pabrikan baik mbl/mtr yg dijual ATPM lokal bahannya rata2 sama yaitu nickel .. Utk yg standar bsa diliat dr busi2 yg ada gbr dgn multitesternya .. Penggunaan resistor dlm busi utamanya utk melindungi radiasi yg kluar dr kinerja coil (CMIIW),efek tidak lgsnya utk melindungi komponen2 yg saling berhubungan kek modul TCI itu sendiri .. efek tidak langsung lainnya ya bsa bikin pengapian lbh fokus .. ini sama kek fungsi produk 9power yg ditaruh di kabel busi .. mungkin br0 pernah dgr .. Di perangkat elektronik jga ada peranti serupa yg fungsi utamanya sbg resistor,biasanya berbahan dasar ferrite,gunanya bwat ngeredam radiasi dr arus perangkat elektronik biar ga nyebar ke mana2,alhasil piranti tsb bsa awet dan maksimal fungsinya .. jd klo mau ningkatin performa pengapian sistem TCI boleh ganti kabel businya / skalian koilnya,tapi saya sih blm bsa recomend' merk tertentu soalnya malah terjadi penurunan TOP-SPEED wlopun akselerasi meningkat lmayan .. | |
| | | Bimorj Letnan Jendral
Number of posts : 890 Age : 31 Lokasi : BSD,SERPONG,TANGERANG Points : 983 Registration date : 26.06.10
| Subyek: Re: Busi standart better than Irridium 19/1/2011, 22:40 | |
| wah ternyata pengetahuan bro db_imoetz tentang pengapian jago!! :=D>:. | |
| | | db_imoetz Mayor Jendral
Number of posts : 483 Age : 37 Lokasi : Graffity_miniMART Points : 524 Registration date : 08.08.10
| Subyek: Re: Busi standart better than Irridium 19/1/2011, 22:51 | |
| - Bimorj wrote:
- wah ternyata pengetahuan bro db_imoetz tentang pengapian jago!! .
ngga oM .. jgn disuruh tanya lbh dalem lg krn saya jga pasti ga bsa jawab, saya justru ngerti plesetannya doank,soalnya soal pengapian rada2 ribet siH .. jawab sebisanya aja, abis saya bukan mekanik | |
| | | leowsy Letnan Jendral
Number of posts : 506 Age : 49 Points : 480 Registration date : 25.02.09
| Subyek: Re: Busi standart better than Irridium 20/1/2011, 06:35 | |
| - db_imoetz wrote:
Perbandingan busi std yg CR8E / U24-FSU blom pnya,krn asumsi saya bahan dasar busi std pabrikan baik mbl/mtr yg dijual ATPM lokal bahannya rata2 sama yaitu nickel ..
Utk yg standar bsa diliat dr busi2 yg ada gbr dgn multitesternya ..
kalo liat tabel komparasi yang tadi bro kasi, itu kan cuma menunjukan ke-konstan-an dari pengukuran 4 busi yang dibeli dengan merek yang sama, sepertinya angkanya kurang representatif kalo ngga di ukur sendiri. - db_imoetz wrote:
Penggunaan resistor dlm busi utamanya utk melindungi radiasi yg kluar dr kinerja coil (CMIIW),efek tidak lgsnya utk melindungi komponen2 yg saling berhubungan kek modul TCI itu sendiri .. efek tidak langsung lainnya ya bsa bikin pengapian lbh fokus ..
setuju soal radiasi / RFI. tapi perlu di ingat pengapian TCI perlu koil dengan resistansi tinggi, jadi outputnya pada rpm rendah akan lebih tinggi karena dwell timenya lebih lama, jadi kalo resistansi kecil umur busi bakal ngga lebih awet untuk pengapian TCI. apalagi busi iridium yang apinya difokuskan tadi bisa bikin api lebih gede dan bikin ruang bakar lebih panas. kalo ini diaplikasiin buat balap sih ngga masalah, tapi kalo buat harian dengan kondisi stop & go (macet) udah bisa di kira2 kan?.... - db_imoetz wrote:
ini sama kek fungsi produk 9power yg ditaruh di kabel busi .. mungkin br0 pernah dgr ..
maaf blom pernah dengar - db_imoetz wrote:
Di perangkat elektronik jga ada peranti serupa yg fungsi utamanya sbg resistor,biasanya berbahan dasar ferrite,gunanya bwat ngeredam radiasi dr arus perangkat elektronik biar ga nyebar ke mana2,alhasil piranti tsb bsa awet dan maksimal fungsinya ..
jd klo mau ningkatin performa pengapian sistem TCI boleh ganti kabel businya / skalian koilnya,tapi saya sih blm bsa recomend' merk tertentu soalnya malah terjadi penurunan TOP-SPEED wlopun akselerasi meningkat lmayan ..
asal jangan salah pilih tipe koil aja, koil TCI dan CDI beda karakter. lagian ganti koil / kabel busi / busi bisa naikin berapa dk sih? | |
| | | BLy2009 Brigadir Jendral
Number of posts : 127 Age : 39 Points : 129 Registration date : 31.05.11
| Subyek: Re: Busi standart better than Irridium 2/12/2011, 08:32 | |
| klo settingan rd basah atau basah pake iridium u27 masuk ga bro? atau mlh bkl cpt mati? | |
| | | whitegreen Jendral Besar
Number of posts : 4002 Age : 32 Lokasi : buitenzorg Points : 4417 Registration date : 24.02.11
| Subyek: Re: Busi standart better than Irridium 2/12/2011, 12:51 | |
| kalo ane setia dengan busi std aja.. lah wong ga ngaruh banget lah yg namanya busi | |
| | | awi_si_awo Mayor Jendral
Number of posts : 412 Age : 39 Points : 360 Registration date : 30.06.10
| Subyek: Re: Busi standart better than Irridium 2/12/2011, 16:17 | |
| ane pake busi ngk iridium bro,skr ini dah jalan 3 bulan fin2 aja,,, hahaha ninja mana bs settingan basah bro yg ada mandek tuh motor hehehe,khan silkulasinya karbu kita vakum 2x kerja,cari yg pass lah settingan bawah atas rata.... | |
| | | BLy2009 Brigadir Jendral
Number of posts : 127 Age : 39 Points : 129 Registration date : 31.05.11
| Subyek: Re: Busi standart better than Irridium 2/12/2011, 23:26 | |
| ^ hehe.. rd basah mksdnya bro.. settingan ane ud pas soalnya skrg, tny sm tmn yg settingin blg ini rd basah, nah klo ganti denso iu27 cocok ga gt bro.. | |
| | | oyi ae Brigadir Jendral
Number of posts : 141 Age : 32 Lokasi : sby tok Points : 180 Registration date : 10.09.11
| Subyek: Re: Busi standart better than Irridium 27/1/2012, 12:31 | |
| jd enkan busi standartx dr kawasaki , iridium or merk denso bro.............. pencerahanx y bro | |
| | | Sponsored content
| Subyek: Re: Busi standart better than Irridium | |
| |
| | | | Busi standart better than Irridium | |
|
Similar topics | |
|
| Permissions in this forum: | Anda tidak dapat menjawab topik
| |
| |
| |
|